/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com


Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB dan Bupati Asahan secara resmi membuka Pangelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan yang ke 4 tahun 2019, Kamis (21/11/2019)  yang dipusatkan di depan Terminal Madya Kisaran.

Ketua panitia, Rianto SH menyampaikan PSBD dilaksanakan tanggal 21 November hingga 6 Desember 2019 dan diikuti 14 etnis yakni Pakpak, Jawa, Karo, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalungun, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu. 

Bupati Asahan, H Surya BSc dalam pidatonya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat sesuai UU No 5/2017 tentang pemajuan kebudayaan. Disamping bertujuan untuk melestarikan seni dan tradisi yang ada di masyarakat, PSBD juga bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, menyampaikan informasi, pengetahuan dan perekat antara etnis yang akhirnya mampu memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI.

Kepada seluruh etnis diharapkan melakukan pembinaan atau pengkaderan bagi generasi muda masing-masing etnis untuk mencintai dan melestarikan budayanya, ujar Bupati Asahan

Ditempat yang sama, Gubsu dalam pidatonya mengatakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki 129 etnis dan 926 bahasa daerah yang harus dilestarikan. 

Sementara di Kabupaten Asahan ada 14 etnis, banggalah kita menjadi rakyat Indonesia.
Ada 4 konsensi dasar kita yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhieka Tunggal Ika. Saya yakin Asahan salah satu Kabupaten  yang mengikat persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Teruslah membangun dan sejahterahkan masyarakat Asahan karena anak cucu kita tergantung kepada kepemimpinan kita, kata Gubsu.

Saya selaku Gubsu meminta maaf karena belum bisa menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dengan baik. Saya selaku Guru terus berupaya untuk mencerdaskan kehiduoan bangsa. Selamat pelaksanaan PSBD Asahan tahun 2019 dan telah 4 kali dilaksanakan. Pemprovsu belum ada melaksanakan kegiatan seperti ini.

" Besarkan kegiatan ini dan evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi karena ini berguna untuk melestarikna budaya kepada anak cucu kita", kata Gubsu.

Peresmian dibukanya PSBD Kabupaten Asahan ke 4 ini di tandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Gubsu dan Bupati Asahan dan Gubsu juga berkesmpatan mengunjungi 14 stand Etnis yang telah didirikan. (DS)

Post a Comment

Disqus