/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan ,H.Surya BSc melalui Asisten II, Drs. John Hardi Nasution MSi mrmbuka sosialisasi tentang regulasi perkebunan yang digelar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Senin (25/11/2019) di aula Hotel Namarina - Kisaran.

Sebagai narasumber Kepala Seksi Pembinaan Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Asahan, Refmi Dewita, SE.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten II, Drs John Hardi Nasution MSi menyampaikan menurut Badan Pusat Statistik tahun 2018 bahwa Kabupaten Asahan mengalami peningkatan ekonomi 5.61 persen dari tahun sebelumnya. 

Sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan penyumbang angka produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar 34,06 persen. Sektor perkebunan salah satu sektor utama penunjang pembangunan perekonomian Asahan.

Potensi dan kontribusi yang besar ini diharapkan mampu memberikan dampak positif, baik dari segi tenaga kerja lokal, pemanfaatan lahan yang bernilai ekonomis, produktif dan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing. Saat ini kondisi ekonomi pasar global sedang fluktuatif (tidak stabil) sehingga harga harga hampir seluruh komoditas perkebunan mengalami penurunan. Banyak isu isu negatif yang menyerang hasil produk perkebunan kita yaitu di pasar internasional beredar isu tentang istilah "sawit kotor". Sawit dari Indonesia di klaim berasal dari hasil deforestasi (perusakan hutan) tidak berkelanjutan dan tidak memenuhi standar kualitas pasar internasional. 

Kita harus membantah isu isu ini dengan melakukan perbaikan baik dari sisi regulasi dan kualitas produk yang dihasilkan. Untuk itu, Pemerintah Indonesia mengambil langkah dengan memperbaharui regulasi agar lebih menekankan tentang bagaimana pembangunan perkebunan yang berkesinambungan, ramah lingkungan dan mengutamakan kualitas berbasis kemitraan. 

Tampak hadir dalam sosialisasi ini, Assisten II Pemkab Asahan, Kepala Seksi Pembinaan Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Indra Gunawan Girsang STP, anggota DPRD Asahan, Kepala Dinas Pertanian Asahan, Ir Oktoni Eryanto dan peserta sosialisasi. (DS)

Post a Comment

Disqus