/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


   
ASAHAN,Sumutrealita.com - Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Demikian isi pidato tertulis Bupati Asahan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Asahan, H.Surya BSc saat membuka acara Jambore Kader Posyandu ke IX tahun 2018 tingkat Kabupaten Asahan  Jumat (7/12/2018) di lapangan Hoki Kisaran

Pada saat ini, Kabupaten Asahan sedang menuju terwujudnya Kabupaten sehat. Kabupaten sehat merupakan suatu kondisi Kab/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Swastisaba padapa yaitu kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Tujuan kader posyandu adalah untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, motivasi dan meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan, silaturrahmi dan kebersamaan antara kader posyandu.

“Jumlah posyandu sebanyak 963 buah yang tersebar di 25 Kecamatan se Asahan. Setiap posyandu ada 5 orang kader, berarti ada 4.815 orang kader posyandu aktif se Asahan,” ujar H Surya.

Kadis Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah MM dalam laporannya mengatakan jambore kader posyandu dilaksanakan selama dua hari (Jumat/Sabtu tanggal 7/8 Desember 2018) dilapangan Hoky Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat - Asahan.

Sebanyak 1.428 kader posyandu akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya lomba senam gema cermat, sarasehan Bupati Asahan bersama kader posyandu, Kades, Camat didampingi OPD, lomba cerdas cermat antar kader posyandu, lomba simulasi penimbangan bayi, lomba yel yel germas dan gema cermat serta donor darah.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc, Ketua TP PKK Asahan Hj Winda FitrikaTaufan Gama, Sekda Taufik ZA Siregar SSos, Asisten, OPD, Camat, Lurah, Kades, Kader Posyandu dan undangan lainnya. Pembukaaan jambore kader posyandu ke IX Asahan ditandai penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati Asahan dan atraksi kembang api (DS)

Post a Comment

Disqus