/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Pendemo Di Kantor Kejari Asahan (Fhoto : Sumutrealita.com)

ASAHAN. Sumutrealita.com – Puluhan masyarakat Kisaran yang mengatasnamakan dirinya LSM Barisan Rakyat Anti Korupsi (BARA API) menggelar aksi demo di kantor Kejaksaan Negeri Asahan, di jalan WR Supratman Kisaran, Senin (28/8/2017). Mereka mendesak agar Kejari Asahan, H Robert H Hutagalung SH segera menahan Sekda kabupaten Asahan,  Sofyan MM dan Kabag Sosial Darwin lantaran sudah ditetapkan sebagai tersangka pada kasus MTQ ke 35 tingkat Sumutera Utara yang dilaksanakan di kabupaten Asahan tahun 2015 lalu, namun walau sudah ditetapkan sebagai tersangka mereka masih bebas berkeliaran alias tidak ditahan.

 “Kami menilai Kejari Asahan mandul dalam menangani kasus MTQ tingkat Sumut ke 35 pasalnya Jaksa sudah menetapkan sekda Asahan, Sofian MM sebagai tersangka namun mengapa tidak di tahan, ada apa dengan Jaksa,” kata Ahmad Fauzi Hasibuan dalam orasinya.

“Ya betul Kejari Asahan mandul,” sambut anggota pendemo dari belakang.

Ahmad Fauzi Hasibuan menyerahkan selebaran yang merupakan aspirasi mereka kepada Kasi Intel Kejari Asahan, Bobi Hariyanto Halomoan Sirait SH MH. 

Dalam orasinya Ia menjelaskan isi dari selebaran tersebut yang menjelaskan bahwa mereka banyak menemukan dugaan tawar menawar yang dilakukan beberapa Jaksa terhadap keluarga terdakwa agar  tuntutan hukuman si terdakwa diringankan. Tidak tanggung tanggung diduga tarif yang diminta Jaksa mulai dari Rp 10 juta hingga ratusan juta rupiah.

“Banyak Kasus narkoba dan dan kasus pidana lainnya disinyalir jaksa meminta uang dari pihak keluarga terdakwa agar tuntutannya di ringankan,” tegasnya.

Ahmad Fauzi Hasibuan mengultimatum dengan memberikan wakktu hingga lebaran Hari Raya Idul Adha ini jika  setelah hari raya Idul Adha 2017 nanti  kedua tersangka tidak ditahan oleh Kejari Asahan maka mereka mengancam akan turun kembali ke jalan dengan massa yang lebih banyak lagi.

“Kami Ultimatum hingga lebaran Hari Raya Idul Adha ini pak jika kedua tersangka itu tidak ditahan maka kami rela mengorbankan nyawa kami demi menegakkan Supremasi hukum di Asahan ini,” kata Ahmad Fauzi Hasibuan yang kemudian membubarkan anggotanya untuk kembali menggelar aksi demo di kantor Pengadilan Negeri Asahan.

Sementar itu Kasi Intel Kejari Asahan, Bobi Hariyanto Halomoan Sirait SH MH mengatakan sangat mendukung aksi demo yang digelar oleh BARA API ini namun Ia mengaharapkan agar masyarakat dalam aksi demo menyampaikan aspirasinya disertai dengan bukti-bukti yang kuat agar tidak menjadi fitnah terhadap jaksa.

Terkait kasus MTQ ia menyebutkan kasus dugaan korupsi yang disinyalir dilakukan Sekda kabupaten Asahan Sofian MM dan Kabag Sosial kabupaten Asahan, Darwin Ia menyebutkan saat ini Kejari Asahan sedang menunggu hasil audit BPKP Sumut untuk memeriksa berapa kerugian Negara yang mereka korupsi.

“Kejari Asahan masih menunggu hasil audit BPKP Asahan selain itu masih memeriksa peserta MTQ dari 33 kabupaten yang mengikuti lomba MTQ tingkat provinsi Sumut saat itu,” tegasnya.

Bobi juga mengatakan pihak Kejari Asahan telah menindak oknum Jaksa Kejari Asahan yang berani memintai uang kepada keluarga terdakwa agar tuntutan terdakwa diringankan..

“Ditahun 2017 ini Kejari Asahan telah banyak menindak tegas terhadap Jaksa yang bermain main dengan Supremasi Hukum," tegas Bobi


(Sipay)

Post a Comment

Disqus