/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Adu Perkolong Kolong Pada Kegiatan PSBD Etnis Karo (Fhoto : Sumutrealita.com)
ASAHAN, Sumutrealita.com –  Adu perkolong kolong yang dipertunjukkan pada Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) etnis Karo yang dilaksanakan  di lapangan Sidodadi jalan Pondok Indah, Kisaran pada Senin malam (7/8/2017) mampu membuat penonton terhibur dan betah untuk menyaksikannya,

Adu perkolong kolong ini ditarikan oleh seluruh marga Silima yang ada di Kabupaten Asahan. Dengan musik instrumental dan tari mejuah-juah, musik instrumental dan tari taneh Karo Simalem serta lagu pop Karo, goyang Sontil Perkolong, Biring Manggis, Piso Suri dan lagu Karo lainnya.

Pembawa acara atau MC mempersilahkan satu persatu dari marga Silima yang ada di Kabupaten Asahan menunjukkan kebolehannya untuk menari mulai marga Sembiring, Ginting Tarigan, Karo karo, Sebayang dan Perangin angin.

“Kami persilahkan untuk marga Ginting dan wanitanya untuk menari,” kata MC dengan bahasa Karo.

Para penari memakai pakaian adat Karo khususnya wanita, mereka menari membentuk dua baris berhadap hadapan pria dengan wanita.

Melihat gerakan  tari mereka yang sangat sopan  dan kelenturan tangannya  dipadu dengan gerakan pinggul dan kaki sambil mengikuti irama musik dan lagu membuat penonton betah melihatnya ditambah dengan suara biduan yang merdu membuat penonton terpukau .

Panitian juga memberi kesempatan kepada kaum muda mudi (Permata ) untuk ikut adu perkolong kolong ini. Tidak jarang penari pria sesekali melirik dan menggoda wanita yang di depannya dengan tarian yang menarik.

Dermawan Sinulingga SH MH selaku ketua Etnis Karo Marga Silima member apresiasi  kepada Pemkab Asahan khususnya kepada bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang telah mengadakan kegiatan PSBD ini

Ia berharap agar kegiatan PSBD ini dapat mempererat tali silahturahmi sesama etnis Karo dan etnis lainnya sehingga dapat bekerja sama untuk membangun kabupaten Asahan.

Di tempat terpisah, ketua PSBD Kabupaten Asahan ke III, Sofian Yoga melalui humasnya Irfan Nasution mengatakan sangat bangga dengan etnis Karo dan etnis etnis lainnya yang telah berpartisipasi memeriahkan PSBD ini .

(Pay)

Post a Comment

Disqus