/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Wakil Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang Menyerahkan Buku Tabungan Kepada Warga Yang Mendapat Bantuan BSPS (Fhoto : Sumutrealita.com)
ASAHAN, Sumutrealita.com – Setelah selama dua tahun absen, di tahun 2017 ini Pemkab Asahan kembali mencanangkan program Bantuan Stimulan  Perumahan Swadaya (BSPS). Penerimaan program BSPS ini ditandai dengan penyerahan buku tabungan sekaligus dimulainya program BSPS di Kabupaten Asahan.

“Bantuan BSPS ini telah digulirkan pemkab Asahan sejak tahun 2013 dan 2014 lalu dan jumlah rumah yang mendapat bantuan BSPS ketika itu sebanyak 819 unit yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemkab Asahan. Untuk tahun 2015 dan tahun 2016 kabupaten Asahan tidak mendapat bantuan BSPS namun di tahun 2017 pemkab Asahan mendapat bantuan BSPS sebanyak 247 kepala keluarga (KK) untuk 9 Desa di 4 Kecamatan,”  kata Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc saat mencanangkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Air Joman, Selasa (22/8/2017)

Ia berharap agar masyarakat yang menerima bantuan BSPS ini dapat langsung membangun rumahnya dan tidak digunkan untuk hal yang lain.
“Pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan secara benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.
Kecamatan yang menerima bantuan BSPS diantaranya : kecamatan Air Joman, kecamatan Tanjung Balai, kecamatan Bandar Pulau dan kecamatan Bandar Pasir Mandoge dengan rincian 247 KK masing masing Rp 15.000 000 lantaran rumahnya tergolong kriteria rusak berat) dan 1 KK mendapatkan bantuan sebesar Rp 10.000.000 lantaran kerusakan rumahnya tergolong kriteria rusak ringan
.
Sementara itu Plt Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Asahan, M Azmy Ismail AP Msi dalam laporannya secara rinci menjelaskan bahwa 247 KK dari 9 Desa yang menerima program BSPS tersebut yakni :
  1. Kecamatan Air Joman, Desa Air Joman Baru sebanyak 20 unit rumah, Air Joman 32 rumah dan Binjai Serbangan 27 rumah mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 15 juta.
  2. Kecamatan Bandar Pulau, Desa Bandar Pulau Pekan 20 rumah dan Desa Padang Pulau 22 rumah. mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 15 juta
  3. Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Desa Tomuan Holbung 21 rumah, Desa Hutabagasan 41 rumah. mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 15 juta
  4. Kecamatan Tanjung Balai Desa Bagan Asahan 30 rumah dan Bagan Asahan pekan 34 rumah setiap KK mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 10 juta
Kriteria besarnya bantuan BSPS ini, kata Azmy, tergantung kondisi rusaknya rumah jika kondisi rumahnya diperkirakan rusak 30% s/d 40 %  maka rumah tersebut tergolong rusak ringan dan akan mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 7,5 juta.  Sementara jika kondisi rumahnya rusak berkisar 45 %  s/d 65 %  maka rumah itu tergolong  kategori rusak sedang dan akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta sedangkan jika kondisi rumahnya rusak berkisar 65 %  s/d 100% rumah tersebut dikategorikan rusak berat dan mendapat bantuan sebesar Rp 15 juta.

“ Yang menentukan persentasi kerusakan rumah itu hasil dari identifikasi dan verifikasi yang dilaksanakan koordinator dan fasilitator(Korpas) yang didampingi oleh tim fasilitator lapangan (TFL) yang dihunjuk oleh PPK Satker SNVT penyediaan perumahan Provinsi Sumut,” jelas Azmy.
(DS)

Post a Comment

Disqus