Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc secara resmi membuka manasik haji akbar tahun 2019 yang dipusatkan di gedung tahfiz Qur'an Masjid Agung Kisaran, Kamis (4/7/2019). 

Manasik haji ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh calon jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji yang baik dan benar.

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc dalam pidatonya mengatakan manasik haji merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Asahan sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan ibadah haji. 

Manasik haji bertujuan agar calon jamaah haji memiliki bekal tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar, dengan harapan ibadah haji berjalan lancar sesuai kaidah agama. 

Manasik haji juga memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi calon jamaah haji, baik menjelang pemberangkatan, saat pelaksanaan ibadah haji di tahun suci Makkah hingga kembali ke tanah air.

Plt Bupati Asahan berharap seluruh calon jamaah haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan manasik haji, rajin membaca, mempelajari materi agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur dan hajjah mabrurah.

Kepada calon jamaah haji saya harapkan dapat mengkondisikan dirinya untuk meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari Allah SWT. Para calon jamaah haji diharapkan menjaga kekompakan, disiplin mengatur waktu, menjaga kesehatan, mengatur pola makan, minum dan istrirahat yang cukup. Saudara saudari adalah tamu tamu Allah, selamat mengikuti manasik haji, ujar Plt Bupati Asahan,

Sementata itu, lapotan Panitia penyelenggara manasik haji yang di sampaiakan Plt. Asisten I, Drs John Hardi Nasution MSi mengatakan bahwa dasar kegiatan ini sesuai surat Bupati Asahan nomor 400/2226 tanggal 27 Juni 2019. Manasik haji dilaksanakan selama 3 hari yang dipusatkan ditiga lokasi yakni gedung tahfiz Qur’an Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Masjid Nurul Mukmin PT BSP Kisaran dan lapangan Hoki Kisaran. 

Jumlah calon jamaah haji yang mengikuti manasik haji 167 laki-laki dan 234 wanita, rencana keberangkatan ke tanah suci Makkah tanggal 13 Juli 2019 pada kloter 3 dan 4.

Lanjut John  mengatakan bahwa calon jamaah haji Kabupaten Asahan berjumlah 403 orang, namun 2 orang gagal berangkat dikarenakan 1 orang meninggal dunia asal Kecamatan Rawang Panca Arga dan 1 orang mengundurkan diri asal Kecamatan Pulau Rakyat. (DS)

Post a Comment

Disqus