Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com
– Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe menghimbau agar seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Labuhanbatu dapat menjaga kesehatannya dan menjaga pola makan yang teratur selama menunaikan ibadah haji di tanah suci.

“ Meskipun selera makan kita berbeda dengan orang arab tetapi harus kita nikmati selama 40 hari, jangan sampai tidak makan apalagi perut dalam keadaan kosong, hal tersebut nantinya dapat mengganggu  pelaksanaan ibadah Haji kita,” kata Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe saat menghadiri Manasik Haji Akbar yang dilaksanakan di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat, Senin (8/7/2019).

Turut hadir dalam Manasik Haji Akbar itu, Sekdakab Labuhanbatu, Ahmad Muflih, SH, MM, Asisten Adm Pemerintahan H. Nasrullah, SH, M.AP dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi.

Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe menyebutkan sangat bersyukur karena tahun ini kloter 10 dan kloter  21 masuk digelombang kedua yang nantinya akan langsung ke Mekkah melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah dan setelah mendapat Haji baru lanjut ke Madinah.

“Semoga JCH  yang tergabung di kloter 10 maupun 21 menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabrurrah,” katanya menambahkan.

Plt Bupati Labuhanbatu mengatakan ada 6 orang petugas dan paramedis yang ditugaskan untuk melayani JCH selama menjalankan ibadah di tanah suci, ibadah haji itu adalah ibadah fisik, tanpa fisik yang baik dan bagus kita tidak dapat melaksanakan ibadah haji secara sempurna.

“ Saya mengharapkan JCH asal Labuhanbatu tetap menjaga kekompakan dan saling membantu antara sesama jama'ah, agar kebersamaan Ika Bina En Pabolo itu selalu ada dimanapun baik itu di tanah suci ataupun di Kabupaten Labuhanbatu yang sama-sama kita cintai,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa keluarga JCH dan masyarakat kabupaten Labuhanbatu akan selalu mendo'akan bapak ibu sekalian agar selalu dalam keadaan sehat walafiat.
“ Kami juga mohon dido'akan kiranya kedepan Kabupaten Labuhanbatu menjadi semakin baik dan terhindar dari segala bencana,” katanya menambahkan

Ia juga mengharapkan agar seluruh petugas kiranya dapat terus berkonsentrasi membantu apa yang diperlukan dari para jama'ah-jama'ah haji, berprilaku yang ramah dengan senyuman terutama kepada ibunda kita, jangan sampai mereka merasa tersinggung, anda ditugaskan memakai uang rakyat, berbuatlah yang terbaik untuk masyarakat.

Kepala Kantor Kementrian Agama Drs. Safiruddin MPd dalam sambutannya mengatakan di tahun 2019 ini sebanyak 448 orang JCH asal Kabupaten Labuhanbatu, yang terdiri dari kloter 10 yakni sebanyak 388 orang dan kloter 21 sebanyak 55 orang yang bergabung dengan jama'ah dari Kabupaten Labuhanbatu Utara serta petugas dan paramedis sebanyak 5 orang.

Ia mengatakan jama'ah kloter 10 akan diberangkatkan pada tanggal 20 Juli 2019 dari Labuhanbatu oleh Plt Bupati, kemudian kloter 21 akan berangkat pada tanggal 2 Agustus 2019.

Dikatakannya tujuan kegiatan Manasik Haji ini untuk menambah ilmu dan pengetahuan para JCH baik rukun sunat dan wajibnya sehingga menjadi haji dan hajjah mabrur dan mabruroh.
 
Selain itu, katanya, untuk menambah pemahaman tentang sosial budaya dan pemetaan Arab Saudi baik di Mekkah maupun di Madinah agar para jemaah dapat memahami situasi dalam melaksanakan ibadah haji dan diharapkan mulai berangkat sampai kembali bersatu padu saling membantu dan merajut kebersamaan sesama jama'ah haji
 
(Red)

Post a Comment

Disqus