/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe membuka kegiatan Pelatihan Fardhu Kifayah Penanganan Jenazah Dalam Tanggap Darurat Bencana Bagi Satgas BPBD Labuhanbatu yang digelar di Aula BKPP Labuhanbatu, Kamis (16/82018)
 
Plt Bupati Labuhanbatu dalam sambutannya mengatakan sudah seharusnya untuk membuat terobosan-terobosan yang baik, salah satun adalah melaksanakan Pelatihan Fardhu Kifayah Penanganan Jenazah, sehingga nanti kita tidak merepotkan orang tua kita untuk melaksanakan Fardhu Kifayah, baik memandikan, mengkafani dan menyolatkan Jenazah.
 
“ Melakukan Fardhu Kifayah, mudah-mudahan menjadi langkah yang baik untuk Kabupaten Labuhanbatu, bukan hanya untuk masyarakat, namun untuk diri sendiri juga sangat bermanfaat di dalam keluarga mengalami bencana, ini sangat luar biasa," katanya.

Ia menyebutkan bahwa pelatihan tersebut merupakan suatu langkah yang baik dan nantinya akan dibuat pelatihan Fardhu Kifayah juga di Rumah Sakit Umum.
 
“ Kepada Kepala BPBD dibawah komando pak Sofyan saya kira sudah cukup baik, kiranya ke depan teruslah membuat inovasi-inovasi yang baik," kata Plt Bupati Labuhanbatu.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Labuhanbatu menyetujui permohonan Ketua MUI Labuhanbatu untuk menyediakan Mobil Pembersih Masjid, Insya Allah jika ada dana, Pemkab Labuhanbantu akan membeli Mobil Pembersih Masjid untuk membersihkan Masjid.

Ketua MUI Labuhanbatu, H Darwis Husin, LC mengatakan, pelatihan Fardhu Kifayah ini merupakan suatu kegiatan yang belum pernah dilaksanakan oleh Dinas ataupun unsur-unsur yang ada di Pemerintahan, kalau Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Labuhanbatu sangat mendukung sekali pekerjaan atau usaha ini.

Husin juga menjelaskan, bahwa hal itu sangat layak dan pantas sekali bahwa di BPBD ada yang bisa menangani persoalan ini, karena biasanya kalau sudah bencana alam, tidak bisa di lambat-lambatkan pelaksanaannya, sebagian kadang-kadang mayat ini tidak normal lagi, ada yang karam di laut, di sungai, begitu dapat wajib segera dilaksanakan, karena kena air bisa membusuk.

Kepala BPBD Kabupaten Labuhanbatu H Sofyan Hasibuan SE dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari pada Pelatihan Fardhu Kifayah ini adalah untuk melatih Pegawai dan Satgas BPBD Labuhanbatu dalam Penanganan Korban Bencana yang meninggal dunia berazaskan kemanusiaan, keadilan, kesamaan dalam kedudukan hukum dan pemerintah.

Secara terbuka Sopyan juga mengatakan, bahwa sumber dana dari kegiatan ini adalah dari dana CSR Bank Sumut Rantauprapat dengan jumlah peserta lebih kurang 100 orang.

Dalam acara itu, hadir Kakan Kemenag Labuhanbatu diwakili Drs H Ali Umar Ritonga, para Asisten dan Kepala OPD serta Nara Sumber .
 

(BS)

Post a Comment

Disqus