/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Pemko Mendukung Penuh Pembangunan Pusat Data Nasional di Batam

BATAM, Sumutrealita.com - Kementerian  Komunikasi  dan Informatika   terus  mematangkan rencana  pembangunan Pusat Data Nasional  tahap kedua di Kota  Batam. Rencananya akan mulai dibangun tahun 2022 mendatang yang berlokasi di Jalan Trans Barelang.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan atas nama Pemda pihaknya menyambut baik dengan rencana pembangunan Pusat Data Nasional tersebut. Pemko Batam bersama Forkopimda dan masyarakat Batam akan mendukung penuh rencana tersebut.

“Atas nama Pemda kami semua sangat berbahagia atas kehadiran Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika di Kota Batam,” kata Amsakar, Jumat (23/4/2021).

Secara umum Kota Batam sangat siap untuk dibangun sebagai Pusat Data Nasional. Karena semua fasilitas pendukung dan keamanan semua sudah terpenuhi, sehingga Batam memang sangat tepat dipilih sebagai Pusat Data Nasional.

Dijelaskan fasilitas pendukung seperti kelistrikan, saat ini Batam memiliki 32 pembangkit dengan kapasitas mencapai 528 MW. Kemudian lokasi pembangunan Pusat Data Nasional ini juga terletak tak jauh dari PLTG Panaran.

“Kemudian terkait air, lokasi ini juga berdekatan dengan Waduk Tembesi. Sehingga bisa kami pastikan bahwa fasilitas untuk kelistrikan dan air bersih tak ada masalah,” ujarnya.

Begitu juga dengan keamanan, Jalan Trans Barelang ini terdapat Mako Brimob, Bakamla, Yonif 135 Raiders dan Yonif 10 Marinir SBY, serta terdapat Pos Pemadam Kebakaran yang tepat berada persis disebelah lahan Pusat Data Nasional.

“Untuk luas lahannya sekitar 4,16 hektar dan sudah dikeluarkan PL nya oleh BP Batam,” ujarnya.

Menteri Komunikasi     dan Informatika, Johnny Plate mengatakan tahapan   ini adalah kelanjutan    dari  rencana  strategi pemerintah untuk mengintegrasikan 2700    Pusat  Data Pemerintah.    

“Pusat    Data   Nasional adalah pilar penting menuju Satu Data Indonesia, selaras dengan percepatan transformasi   digital yang   diinstruksikan oleh Presiden Jokowi,“ kata Johnny.

Johnny   menjelaskan pembangunan   Pusat Data  Nasional  ini merupakan rencana strategis  Kominfo  2020  – 2024.  Hal ini   memerlukan  kehati-hatian   dan   kecermatan dalam  pemilihan teknologi, solusi  serta   SDM   yang   akan mengimplementasikannya.

“Khusus  untuk  pengembangan  SDM   yang   mumpuni, Kominfo terus mengembangkan program  literasi digital  bertajuk #MakinCakapDigital,” ujarnya.

Sehingga, pembangunan  infrastruktur terkait  pengolahan data   juga   selaras  dengan  pengembangan  SDM.  Seperti data analyst, data  engineer dan  dana  scientist.

“Pembangunan  Pusat  Data  Nasional  di  Kota  Batam ini akan          berlangsung pada   tahun 2022   dan ditargetkan  selesai  pada tahun            2025,” katanya.
 
(MCB)

Post a Comment

Disqus