/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

Ikuti Aktifitas Tim Terpadu, Amsakar Masih Menemukan Pelaku Usaha Rumah Makan dan Kafe di Pujasera Sekupang Lalai Terapkan  Prokes


BATAM, Sumutrealita.com -  Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengikuti aktivitas tim terpadu di Pujasera Tiban Center, Sekupang,  Sabtu (24/4/2021) malam.  

Hal itu dilakukan Amsakar usai Safari Ramadan di Kecamatan Belakangpadang 

Peninjauan ke Pujasera itu dilakukan Amsakar untuk melihat sejauh mana para pelaku usaha Kafe dan rumah makan itu di Pujasera itu dalam mnerapkan protokol kesehatan (prokes),

 "Kami ingin pastikan bagaimana protap tim kita menjalankan penegakan disiplin tersebut. Sekaligus melihat dari dekat penerapan prokes di kafe,  restoran atau rumah makan di pujasera ini," ucap Amsakar di lokasi.

Pada kegiatan ini, Amsakar mendapati penerapan prokes di lokasi tersebut  tidak dijalankan dengan baik. Seperti pengaturan tempat duduk yang tidak sesuai standar jarak aman, jumlah kursi maupun meja juga perlu ditata ulang.

"Saya melihat kenyataan bahwa kesadaran menerapkan prokes perlu ditingkatkan lagi," ucap dia.

Amsakar lantas meminta pengelola untuk memperbaikinya. Untuk sementara, lokasi ini baru dalam tahap peringatan.  Selanjutnya jika tidak dibenahi, tim akan menindak tegas.

"Besok. Sewaktu tim turun lagi dan masih ada praktik yang sama, kami akan mengangkat langsung kursi dan diikuti dengan pemberian sanksi yang berlaku," tegas dia.

Ia menerangkan, pada intinya, penindakan ini bukan membuat masyarakat sulit. Tetapi untuk menumbuhkan kesadaran kolektif akan arti penting kerjasama semua pihak meminimalisir sebaran Covid-19.

"Seperti kita ketahui dalam satu bulan lebih, grafik Covid-19 cenderung meningkat signifikan," kata dia.

Pihaknya berharap, selain jaga jarak, prokes yang lain juga dilaksanakan. Seperti pengecekan suhu, penyedian cuci tangan atau handsanitaser dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah, mereka akan menyanggupi penerapan prokes ini," imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Yusfa Hendri yang turut hadir dalam kegiatan ini menyebutkan peningkatan penegakan disiplin diputuskan dalam rapat Forkopimda beberapa waktu lalu.

"Salah satunya dengan meningkatkan intensitas sidak dari yang sebelumnya dua kali seminggu menjadi  sesering mungkin," katanya.

Dalam praktiknya, tim akan turun berdasarkan sif dalam waktu yang bersamaan. Selain grafik Covid-19 yang meningkat, juga ada kekhawatiran merebaknya varian baru Covid-19, mengingat Batam merupakan salah satu pintu kembali Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.

"Kalau dihitung sejak 2020 sudah 63 ribu yang masuk lewat Batam. Pada tahun 2021,  sejauh ini sudah lebih dari 13 ribu," terangnya.

Mencegah semakin luasnya, penyebaran Covid-19, ia meminta masyarakat tidak mengabaikan prokes. Ikhtiar ini, harus tetap ditingkatkan walaupun kini vaksinasi tengah berjalan.

Bukan tanpa sebab, jika masyarakat abai, angka Covid-19 akan terus melonjak. Jika ini terjadi maka akan bermasalah dengan daya dukung yang tersedia. Ia mengingatkan, jumlah tempat tidur (perawatan medis) di Batam sekitar dua ribu, termasuk di RSKI Galang. Itupun tidak semua untuk covid, banyak tindakan medis lain yang juga harus diperhatikan.

"Menangani Covid ini, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Namun kesadaran kolektif bersama masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Batam Salim mengatakan, tim pelaksana lapangan patroli pengawasan dan penindakan pelanggaran prokes Covid-19 ini merupakan tim gabungan.

Pada malam tersebut melibatkan TNI Polri, Satpol PP Batam, Ditpam BP Batam, pengadilan, kejaksaan hingga OPD terkait, seperti DPM PTSP, Disbudpar serta Dishub.

"Kami tadi keliling hingga enam titik, tersebar di Tiban (Sekupang), Jodoh dan Nagoya (Batuampar dan Lubuk Baja). Seperti deretan kafe dekat Vitka Sekupang, Tiban Center, di depan SPBU dekat UIB hingga ke Nagoya dan Jodoh," paparnya.
(MCB)

Post a Comment

Disqus