Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Petani Bintan Memanen Padi, dan Sebagian Produksi Dijadikan Benih Untuk Pengembangan Sawah (Fhoto : Istimewa)

BINTAN, Realitamedia.com
  – Kabupaten Bintan sudah bisa memproduksi benih padi sendiri, yaitu benih padi varietas Inpari 32, dengan demikian Bintan tidak perlu mendatangkan bibit benih dari luar Kepri, Bintan dijadikan pusat sumber benih sebar melalui program P3BP berbasis korporasi sumber dana APBN.

“ Perkembangan budi daya padi di Bintan semakin baik. benih unggul Inpari 32 ini hasil kerja sama dengan Balitbangtan. Dengan benih di area 4 hektare ini, akan dijadikan bibit unggul. Benih yang dihasilkan ini, sebagiannya lagi akan dikirim dan dipergunakan untuk Kabupaten Natuna,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan Khairul dikutip tanjungpinangpos.id.

Sebelumnya, Bupati Bintan Apri Sujadi mengungkapkan, panen raya padi varietas Inpari 32 yang dilakukan oleh kelompok tani Hidup Bersama di Kampung Parit Bugis, Desa Bintan Buyu, Teluk Bintan itu menunjukkan, potensi sektor pertanian di Bintan mampu berkembang dengan baik.

Menurutnya, sektor pangan saat ini merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat ditinggalkan, sekalipun dalam situasi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), perkembangan sektor pertanian tetap berjalan baik.

”Sektor pertanian berhasil, dan panen raya padi ini melalui pengembangan budi daya Varietas Unggul Baru (VUB),” jelasnya.

Khusus kegiatan dalam penanganan dampak Covid-19, bupati Bintan meminta DKPP Bintan melaksanakan kegiatan pengembangan padi sawah, setidaknya 20 hektare, pengembangan jagung 20 hektare. Serta memenuhi beberapa sumber bidang peternakan ayam pedaging dan ayam petelur. Produksi dari pertanian dan peternakan ini, nantinya mampu memenuhi kecukupan ketahanan pangan daerah.

(tanjungpinangpos.id)

Post a Comment

Disqus