Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


BATAM, Sumutrealita.com – Anggota DPRD Kota Batam Muhammad Jeffry Simanjuntak menilai capaian kinerja dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam tidak tercapai target pada tahun 2019 lalu.
Penilaian itu disampaikan Jeffry Simanjuntak saat menghadiri rapat Panitia Khusus (Pansus) pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Batam Akhir Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam yang digelar di ruang rapat Komisi II DPRD kota Batam, Batam Centre, Batam, Senin (18/5/2020).

Penilaian Jeffry Simanjuntak itu atas pemaparan Kepala DLH kota Batam melalui Sekretarisnya Amjaya yang menyebutkan target PAD dari retribusi sampah ditargetkan Rp 35 miliar,- lebih namun yang tercapai hanya Rp 33 miliar,- .

Menurut Jefrry tidak tercapainya target itu  lantaran jumlah pemungut sampah setiap tahun tidak ditambah tetap hanya 75 orang sementara potensi untuk pemungutan retribusi itu masih banyak.

“ Kajiannya gagal mereka kemarin lelangnya,” katanya.

Namun Jeffry Simanjuntak juga memuji kinerja dari Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH Kota Batam, Faisal sebab sejak menjabat dijabatan tersebut PAD kota Batam dari retribusi sampah meningkat namun ia menyesalkan DLH kota Batam tidak menambah jumlah pemungut retribusi sampah padahal masih banyak potensi yang bisa digali.

“ Saya apresiasi dengan kinerja pak Faisal ini sebelum dia menjabat sebagai Kabid Pengelolaan Sampah retribusi hanya sekitar Rp 28 miliar namun beberapa tahun ini tidak ada peningkatan seharusnya ditingkatkan jumlah pemungu retribusi sampah tersebut,” katanya. 

Jeffry Simanjuntak juga menyebutkan capaian kinerja Walikota Batam pada APBD tahun 2019 lalu gagal lantaran dari rapat Pansus dengan beberapa Dinas Pemko Batam capaian kinerjanya banyak yang tidak mencapai target atau gagal.

Rapat pansus itu dipimpin oleh Leo Anggra Saputra dan dihadiri oleh anggota DPRD Kota Batam, Rubina Situmorang, Ir. Mulia Rindo Purba, Sumali, Sekretaris DLH kota Batam,  Amjaya,  Kabid Pengelolaan Sampah. (L/Mn)

Post a Comment

Disqus