Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


TEBING TINGGI, Sumutrealita.com -  Pemberian zakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki dua dimensi penting yaitu, dimensi ibadah dan sosial ekonomi kemasyarakatan. Sebagai dimensi sosial,  zakat dapat berfungsi mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan dan pertolongan orang yang membutuhkan atau orang yang tidak berkecukupan (Mustahiq) dan permasalahan sosial lainnya.

Potensi ekonomi yang terkandung dalam zakat dapat digalang , dikembangkan dan dikelola secara profesional. Transfaran, akuntabel dengan pengelolaan zakat (Amil) yang tergabung dalam badan dan lembaga Amil zakat sehingga para Muzakki semakin percaya atas zakat yang dikeluarkannya.

“ Zakat merupakan salah satu ibadah pokok yang menjadi kewajiban setiap individu atau badan yang memiliki harta.Zakat dikeluarkan sesuai aturan yang berlaku, wajib dilakukan serta sudah ada orang yang ditentukan yang berhak menerimanya,” kata Walikota Tebingtinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan saat menyerahkan paket Ramadhan 1440 H secara simbiolis pada Rabu (29/5/2019) yang dilaksanakan di masjid Agung.
 

Pendistribusian zakat ini juga dihadiri oleh OPD dan Camat Sekota Tebingtinggi

Paket Ramadhan 1440 H itu berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Tebingtinggi. Saat menyerahkan paket tersebut, Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan didampingi oleh Ketua Baznas Tebingtinggi H.Aliaman Harahap, Baznas Sumut Saidun dan  Kajari Tebingtinggi, Muhamad Novel.
Jumlah masyarakat fakir miskin yang menerima paket Ramadhan 1440 itu sebanyak 1.265 orang yang tersebar diseluruh Kota Tebingtinggi.

Walikota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan juga mengharapkan agar hari ini sudah tidak berhak lagi menerima paket Ramadhan 1440 H supaya jangan menerimanya lagi dan dikembalikan ke Baznas, karena saat ini memang sudah banyak orang yang namanya "misno" (miskin nokoh).

Kepada penerima paket Ramadhan, katanya, supaya tidak rebutan dan berdesakan, karena yang sudah menerima kupon pasti akan mendapatkan.

" Bagi yang menerima bersyukurlah kepada Allah dan terima dengan ikhlas. Jangan lagi mengupat-ngupat kok dapat cuma segini dah nunggunya lama, itu namanya orang tidak tahu bersyukur," katanya.

Walikota Tebingtinggi menjelaskan bahwa sebentar lagi seluruh umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H, rayakan dengan sederhana jangan terlalu mewah apalagi sampai memaksakan diri.

" Bagi anda yang berpuasa teriakkan takbir sekencangnya lantaran yang berpuasalah memperoleh kemenangan,  jangan pula orang tidak berpuasa yang lebih keras, " tutupnya.
 
( Sen)

Post a Comment

Disqus