/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar acara buka puasa bersama dalam rangka pengumpulan Zakat,Infaq dan Shadeqah (ZIS) tahun 2019, Selasa (28/5/2019) di rumah dinas Bupati Asahan.

Plt.Bupati Asahan, H.Surya BSc dalam sambutanya mengatakan bahwa Allah SWT menciptakan manusia berbeda beda, begitu juga rezekinya. Hal tersebut bertujuan agar manusia saling berbagi dan mengasihi. 

Zakat merupakan salah satu ibadah pokok yang menjadi kewajiban setiap individu atau badan yang memiliki harta. Zakat memiliki dimensi sosial dan mewujudkan solidaritas, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan kepada orang yang kurang mampu dan lainnya.

Lanjut H.Surya mengatakan, sejak tahun 2011 Pemkab Asahan telah menginstruksikan kepada seluruh PNS untuk mengeluarkan zakat dan infaq dari penghasilan (profesi) yang langsung disalurkan melalui Baznas, namun hingga kini belum maksimal.

Apabila zakat yang dihimpun dari muzakki dapat dikelola secara profesional, transparan dan tepat sasaran, maka dana tersebut akan dapat menjadi alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah, khususnya dalam pengentasan kemiskinan, ujar H.Surya.

Sementara itu, Ketua Baznas Asahan, Ir H Ansa’ari Margolang mengatakan bahwa pengumpulan ZIS tahun ini mengalam penurunan sekitar 4 juta dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2018 ZIS yang terkumpul sebanhak Rp.808.663.000 sementara untuk tahun 2019 terkumpul sebanyak Rp.804.035.000.

Pengumpulan ZIS malam ini berasal dari  Satuan Kerja Perangakat Daerah (SKPD) dengan jumlah Rp 729.035.000 dan hutang pernyataan Rp 75.000.000.

Kami akan membentuk unit pengumpul zakat di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan untuk mempermudah warga yang ingin menyalurkan ZIS nya melalui Baznas, ujar H Ansa’ari.

Lanjut H Ansa’ari mengatakan bahwa ZIS yang sudah terkumpul ini nantinya disalurkan sesuai dengan peruntukannya dan tepat sasaran. Kami mengimbau agar masyarakat yang ingin menyalurkan ZIS bisa melalui Baznas Asahan. Hingga bulan suci ramadhan 1440 H/2019 M, jumlah ZiS yang dikelola Baznas berjumlah Rp 20.868.893.000.

Tampak hadir dalam acara ini, Plt Bupati Asahan, Sekda, Asisten, Staf Ahli, OPD, Kabag, Camat,  Ketua MUI, Ketua Imtaq, forkopimda, Ketua dan pengurus Baznas Asaha. (DS)

Post a Comment

Disqus