Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com


Pemerintah Kabupaten Asahan tetap melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan 1441 H ke 202 Masjid/Musholla yang tersebar di 202 Desa/Kelurahan demi meningkatkan silaturahmi, menyerap informasi, saran dan masukan dari masyarakat walaupun ditengah pandemi wabah virus covid -19.

Namun pelaksanaan Safari Ramadhan harus sesuai SOP percepatan penanganan covid 19. Selain itu, dilaksanakan siang hari (sholat Dzuhur) dengan jamaah tidak lebih 20 orang, tanpa buka puasa bersama dan tanpa sholat taraweh. Sementara tahun sebelumnya, Safari Ramadhan dilaksanakan buka puasa bersama, sholat magrib berjamaah, isya berjamaah dan taraweh dengan jamaah tidak dibatasi.

Tahun ini Safari Ramadhan hanya dilaksanakan 2 hari (29-30 April).  Setiap Masjid/Musholla yang dikunjungi diserahkan 1 jam dinding penunjuk waktu sholat dan uang tunai Rp 2 juta kepada BKM, demikian dikatakan Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar MSi, Kamis (30/4/2020).

Masih kata Hidayat bahwa Bupati Asahan, H Surya BSc melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Al-Falah Desa Manis Kecamatan Pulau Rakyat (29/4) dan Masjid Ash Shalah Desa Sumber Harapan Kecamatan Tinggi Raja (30/4). H Surya juga menyerahkan bantuan kepada anak yatim/kaum duafa Rp 200.000/orang.

Dalam kesempatan tersebut, H Surya kembali mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan puasa, ibadah wajib lainnya, shalat tarawih, tadarus, bersedekah, berinfaq dan membayar zakat mal/fitrah lebih cepat. Seluruh masyarakat diimbau tetap mengikuti imbauan pemerintah : tetap di rumah, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan jangan mudik untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 khususnya di Asahan.

Sementara Sekda, Taufik Zainal Abidin SSos MSi melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Suhada Dusun IV Desa Rahuning I Kecamatan Rahuning. Taufik juga menyerahkan  santunan kepada anak yatim/kaum duafa Rp 200.000/orang. 

"Sebelum melaksanakan Safari Ramadhan, Taufik berkunjung kerumah Lampusah Margolang yang mengalami lumpuh akibat kecelakaan dan memberikan bantuan beras 10 kg dan sejumlah uang. Taufik juga bersilaturahmi dengan puluhan insan Pers yang bertugas di Kecamatan Rahuning dan sekitarnya dan menyerahkan bantuan 5 kg beras, 1 liter minyak goreng dan sejumlah uang kepada insan Pers", kata Hidayat. 

Hidayat juga menyampaikan bahwa ada 2 Desa yang tidak dikunjungi tim safari Ramadhan yakni Desa Sukajadi Kecamatan Meranti dan Desa Rawang Pasar VI Kecamatan Rawang Panca Arga dikarenakan tidak ada Masjid/Musholla di Desa tersebut.

" Desa Suka Jadi Dan Desa Rawang Pasar VI penduduknya 100 persen Nasrani dan tidak ada Masjid/Musholla terbangun disana," kata Hidayat. (DS)

Post a Comment

Disqus