/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 


Asahan,Sumutrealita.com

Plh Bupati Asahan, Drs H John Hardi Nasution M.Si resmi membuka acara Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021, Rabu (24/2/2021) di gedung Tahfidz Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran.

Ketua Panitia kegiatan melalui sekretaris Panitia, Ali Muqhofar, S. Sos, MAP melaporkan bahwa festival Seni Nasyid ini merupakan program Pemerintah secara Nasional, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai dengan tingkat Nasional.

Selain itu, Ali Muqhofar juga melaporkan bahwa dasar kegiatan ini sesuai dengan Keputusan Bupati Asahan Nomor : 22-BAG-KESRA-TAHUN 2021 tanggal 10 Februari 2021 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Pelaksanaan Festival Seni Nasyid Tingkat kabupaten Asahan Tahun 2021 ini dilaksanakan sejak tanggal 24-27 Februari 2021 dan diikuti oleh 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 48 group, yang terdiri dari 23 group Putra dan 25 group putri. Adapun Kecamatan yang tidak mengirimkan group nasyid putra yakni Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

Diakhir Laporannya, Ali mengatakan, bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan hadiah berupa trophy dan uang tunai.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Plh Bupati Asahan Drs. H. John Hardi Nasution, MSi melantik Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 yang di Ketuai oleh Dra. Hj. Rita Nurai Nasution dan Sekretaris Drs. Damanhuri Lubis, M. Pd sesuai dengan Keputusan Bupati Asahan Nomor : 22-BAG-KESRA-Tahun 2021 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021. Dan di tempat ini terlihat Plh Bupati Asahan memakaikan jubah kepada Ketua dan Sekretaris Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 yang menandakan Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 telah resmi dilantik.

Plh Bupati Asahan Drs. H. John Hardi Nasution, M. Si pada bimbingan dan arahannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Asahan secara penuh melimpahkan tugas dan tanggung jawab penilaian kepada para Dewan Juri. Kami berkeyakinan kepada Dewan Juri telah memiliki pengetahuan yang mapan di bidangnya. Karena itu, Para dewan juri tidak akan diintervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian.

Pada hakekatnya penilaian yang dilakukan Dewan Juri menilai penampilan 1 grup nasyid. Namun prinsipnya kemampuan para personel itu yang dinilai. Jika semua personel itu baik, maka baiklah 1 group nasyid tersebut. Oleh karena itu, tidak mutlak group nasyid terbaik menjadi duta Kabupaten Asahan ke Provinsi. Nantinya akan dilakukan pemusatan latihan (TC) untuk mendapatkan group yang lebih baik.

Kepada seluruh peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan Saya ucapkan selamat mengikuti festival nasyid. Tampilah dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki, tunjukkanlah hasil latihan selama ini. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk saling mengenal dan menjalin hubungan dengan sesama peserta yang memiliki minat dan bakat yang sama.

Menutup bimbingan dan arahannya, John Hardi mengatakan festival nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Ada tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan pelaksanaan festival nasyid yaitu peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam serta pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat.

Di kesempatan ini Plh Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal Tanjung Balai Asahan, Mewakili Danyon 126/KC, Mewakili Kajari Asahan, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan dan Ketua Imtaq Kabupaten Asahan memukul Reban menandakan Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 telah resmi dibuka. (DS)

Post a Comment

Disqus