/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

   

Bupati dan Wakil Bupati Sergai Dilantik Gubernur Sumut Dengan Menerapkan Prokes

SERGAI,  Sumutrealita.com  - Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Terpilih hasil Pilkada serentak 2020,  H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Jumat (26/2/2021) resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Rumah Dinas Gubsu di Medan.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, pelantikan tersebut dibagi dalam dua sesi, pada sesi pertama dimulai pukul 08.000 WIB yaitu untuk Kota Medan, Binjai, Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sergai dan Humbang Hasundutan. Sedangkan pada sesi kedua dilaksanakan pukul 14.00 WIB yang diikuti Kota Sibolga, Kabupaten Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara, Tapanuli Selatan dan Toba.

Dalam arahannya, Gubsu H. Edy Rahmayadi didampingi Wagubsu H. Musa Rajekshah menyampaikan bahwa pelantikan dilaksanakan secara langsung tidak secara virtual adalah mempertimbangkan kondisi geografis daerah yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan jaringan internet serta mempertimbangkan usulan dari beberapa Kepala Daerah Terpilih agar dapat dilantik secara langsung di ibu kota provinsi.

“ Saya menginginkan saudara-saudara sekalian dapat segera beradaptasi dengan tugas pokok dan kewenangan yang dimiliki sebagai kepala daerah kabupaten/kota serta dapat memahami dan membedakan mana kewenangan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan pasal 13 ayat 1 tentang pembagian urusan pemerintahan konkuren antara pemerintah pusat dan daerah provinsi serta daerah kabupaten/kota sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat 3 didasarkan pada prinsip akuntabilitas, efisiensi dan eksternalitas serta kepentingan strategis nasional,” beber Gubsu.

Saat ini, lanjut Gubsu Edy Rahmayadi, kita semua dihadapkan pada sebuah tantangan besar, yakni pandemi covid-19. Oleh karenanya, selalu diingatkan bahwa wabah ini masih belum berakhir, penerapan prokes harus tetap dilaksanakan dan diedukasikan kepada masyarakat. jangan sekali-kali kita lengah dan lemah. Kelola anggaran untuk penanganan pandemi ini dengan sebaik-baiknya. Setelah kegiatan  pelantikan ini kami perintahkan kepada para kepala daerah/wakil kepala daerah untuk tidak melakukan acara/pesta/selamatan yang dapat menimbulkan potensi kerumunan massa dan dapat melahirkan cluster baru penyebaran covid-19.

“ Tetap jaga soliditas dan keharmonisan dengan pasangan saudara-saudara sekalian. Jika dalam perjalanan kepemimpinan, Bupati dengan Wakil Bupati atau Wali Kota dengan Wakil Wali Kota, menghadapi perbedaan pandangan, itu adalah hal lumrah sebagai mahkluk yang diberikan akal pikiran oleh Tuhan yang maha kuasa. kelolalah perbedaan itu sebagai sebuah kekuatan untuk saling melengkapi dan menyempurnakan. Rakyat saudara sesungguhnya ingin melihat kebersamaan saudara-saudara sebagai bentuk keteladanan pemimpin mereka,” pesan Gubsu.

Usai dilantik menjadi kepala daerah di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, Bupati H. Darma Wijaya yang didampingi Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan menyampaikan bahwa momen pelantikan ini merupakan kali kedua pelantikan sebagai Kepala Daerah.

“ Jika 5 (lima) tahun yang lalu menjadi Wakil Bupati, hari ini Allah mengizinkan saya untuk mengemban tugas dan amanah yang lebih berat lagi yakni menjadi Bupati Sergai. Oleh karenanya, saya memohon kepada seluruh masyarakat Sergai agar sama-sama membantu saya dan Pak Wabup Adlin Tambunan dalam memajukan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” pungksnya.

Pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda

Di hari dan tempat yang sama, usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, selanjutnya dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) oleh Ketua TP PKK Provinsi Ny. Nawal Edy Rahmayadi kepada Ny. Hj Rosmaida Darma Wijaya.

“Sebagai seorang istri, tentu saya harus mendukung dan menemani perjalanan karir suami. Berkat doa dan dukungan dari keluarga dan rekan seperjuangan menjadi kekuatan bagi kami untuk menjalankan amanah yang dititipkan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kepada kami. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sergai,” kata Hj. Rosmaida. (Fit/Ta)


Post a Comment

Disqus