/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Musabaqoh Tilawah Qur'an (MTQ) ke-52 Tahun 2021 tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksankan pada tanggal 15 Februari sampai dengan 19 Februari 2021 di gedung Tahfidz Mesjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran.

Acara ini langsung dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan, H Surya BSc, Senin (15/2/2021) dan dihadiri juga oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Lurah se-Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.
 
Ketua panita pelaksana Drs. John Hardi Nasution, M. Si yang sekaligus merupakan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan melaporkan bahwa dasar kegiatan MTQ ini ialah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor : 11.4-BAG.KESRA/2021 Tanggal 27 Januari 2021 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Masih dalam laporannya, John Hardi mengatakan bahwa kegiatan MTQ ini dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 19 Februari 2021 yang diikuti oleh 725 orang dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan rincian sebagai berikut, Cabang Tilawah Al-Qur'an bertempat di mimbar utama dengan katagori perlombaan golongan Dewasa Putra/Putri 49 orang, golongan remaja Putra/Putri 50 orang, golongan anak-anak Putra/Putri 50 orang dan golongan tartil Putra/Putri 50 orang.

Selanjutnya cabang hifzil qur'an untuk katagori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, dan golongan 10, 20, 30 juz diruang Sekretaris LASQI dengan katagori golongan 1 juz dan tialawah Putra/Putri 49 orang, golongan 5 juz dan tilawah Putra/Putri 46 orang, golongan 10 juz Putra/Putri 33 orang, golongan 20 juz Putra/Putri 9 orang dan golongan 30 juz Putra/Putri 6 orang.

Cabang khattil qur'an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori golongan naskah Putra/Putri 43 orang, golongan dekorasi Putra/Putri 38 orang, golongan hiasan mushaf Putra/Putri 44 orang. Untuk cabang fahmil qur'an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori cabang fahmil qur'an Putra/Putri 129 orang serta cabang syahril qur'an bertempat di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan Katagori cabang syahril qur'an Putra/Putri 129 orang.

Selain itu, John Hardi juga melaporkan bagi para peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan hadiah berupa piagam, trophy dan uang tunai.

Menutup laporannnya, John Hardi mengajak untuk tetap mematuhi Prokes dalam pelaksanaan MTQ ini. Seperti kita ketahui penyebaran covid-19 hanya dapat diatasi apabila kita mendisiplinkan diri kita sendiri dan membudayakan penereapan Prokes dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai upaya pencegahan covid-19.

Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH pada sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-qur'an, namun kita juga harus berlomba untuk menjado yang terbaik ahlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahruddin menambahkan bahwa pelaksanaan MTQ selain sebagai sarana menjaga kemurnian Al-qur'an juga adalah sarana dakwah Islamiah, menyebarkan syiar Islam melalui lantunan-lantunan merdu ayat-ayat Al-Qur'an, mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiah.

"Semoga dengan mencintai dan memuliakan Al-Qur'an akan menciptakan pengaruh yang positif dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tutup Baharuddin.

Ditempat yang sama, Bupati Asahan, H Surya BSc dalam bimbingan dan arahannya mengatakan saya sangat gembira melihat antusias masyarakat pada saat pelaksanaan MTQ tingkat desa/kelurahan dan tingkat kecamatan yang telah mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan. Seluruh masyarakat dapat merasakan bahwa MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Hal ini dapat dilihat manakala seluruh kompenen masyarakat terlibat dalam kegiatan tersebut dengan tulus dan ikhlas. 

Lanjut Bupati Asahan mengatakan patut kita syukuri bahwa dari tahun ketahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di desa/kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri.

Bupati Asahan berharap kepada kita semua khususnya para qari, hafidz, dan para penggiat Al-Qur'an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur'ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan dari kuantitas, tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitas. 

Diakhir bimbingan dan arahanya, Bupati Asahan mengatakan kepada seluruh kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaan ya nanti kita akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada evant seleksi Tilawatil Qur'an tingkat provinsi. Kepada Dewan Hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Bupati Asahan, Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan menekan tombol sirine menandakan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021 resmi telah dibuka sekaligus pelepasan balon yang diikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Istri Ketua DPRD Kabupaten Asahan dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus