/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Pemkab Asahan Gelar Lokarya Empat Pilar Kebangsaan (Fhoto : Sumutrealita.com)
ASAHAN, Sumutrealita.com - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar acara lokakarya empat pilar kebangsaan yang dibuka Bupati Asahan diwakili Kaban Kesbang Pol, Buwono Prawana SIP yang digelar di ruang Aula Hotel Sabty Garden Kisaran, Selasa (26/9/2017)

Pidato tertulis Bupati Asahan yang dibacakan Buwono mengatakan bangsa Indonesia telah sepakat bahwa empat pilar kebangsaan menjadi penyangga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Didalam Undang Undang nomor  32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, diantaranya menyebutkan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mempunyai kewajiban memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, UUD 1945 serta  mempertahankan dan memeliharan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Lebih lanjut Buwono mengatakan bahwa setiap warga negara berkewajiban untuk taat  dan patuh kepada segala peraturan perundang undangan yang berlaku dan wajib berpegang teguh kepada Pancasila sebagai pilar dan dasar berbangsa dan bernegara.

Kita harus dapat memahami konsep yang terkandung dalam Pancasila, sehingga kita dapat mengaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Artinya antara pemerintah dan masyarakat harus sama sama mempertahankan dan melaksanakan empat pilar kebangsaan tersebut." Kata Buwono.
Kita semua menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dengan berbagai suku bangsa, agama, etnis dan kebudayaan, tapi dapat hidup rukun dan damai, khususnya di Asahan.
"Jika bukan kita yang menjaga dan mempertahankan perbedaan tersebut, lalu siapa lagi, sebab masa depan generasi muda adalah tanggung jawab kita bersama", jelas Buwono.

(DS)

Post a Comment

Disqus