/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Pelatihan Pemulihan Usaha Ekonomi (Fhoto : Istimewa)
ASAHAN,Sumutrealita.com - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan bersama Anggota DPRD Asahan dari Fraksi PDIP , Rosmansyah STP melaksanakan pelatihan pemulihan usaha ekonomi terhadap korban bencana banjir di desa Sei Silau Tua, Kecamatan Setia Janji, Jumat (22/9/2017)

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Asahan, Maria Monarita mengatakan bahwa program pelatihan ini bertujuan untuk  pemulihan ekonomi bagi masyarakat sebagai pelaku usaha yang terkena banjir.
Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan, Khaidir Sinaga mengatakan bahwa dampak bencana yang terjadi telah menimbulkan kerusakan infrastruktur dan non infrastruktur, terutama sosial ekonomi keuangan masyarakat
"Kita sebagai perwakilan dari Pemkab Asahan harus memberi perhatian kepada masyarkat yang terkena dampak bencana banjir. Namun juga mengharapkan perhatian pihak swasta dan masyarakat dalam mengatasi hingga dampak bencana banjir menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

Lanjut Khaidir mengatakan, adapun caranya harus ada kesadaran dan kemauan dari masyarakat dan didukung swasta dan pemerintah untuk bangkit dan mau secara aktif mencegah bencana.

“Tanggap terhadap kejadian bencana, hingga sadar untuk recovery baik secara fisik maupun sosial ekonomi berbasis kearifan dan kekayaan sumber daya lokal sekitar yang mampu menjadi modal kehidupan masyarakatnya,”kata Khaidir.

Sementara itu, Rosmansyah memberi apresiasi kepada Pemkab  Asahan yang dijalankan oleh BPBD Asahan yang tanggap dan peduli dalam menjalankan penanggulangan bencana sesudah banjir.

Dimana hal ini sejalan dengan filosofi penanggulangan bencana yang menekankan kesadaran dan keikutsertaan ketiga pilar di dalam prabencana dan mitigasi, di saat darurat bencana, hingga recovery dan pasca bencana dari pilar masyarakat, dunia usaha dan Pemkab Asahan. Peran serta bersama sangat cepat dapat memulihkan kembali ekonomi dimasyarakat yang terkena banjir,” jelas Rosmansyah.
Peserta yang menghadiri kegiatan juga diberikan bantuan seperti kipas angin, sendok masak, kompor gas, tabung gas, selang regulator, baskom dan  dandang.

(DS)

Post a Comment

Disqus