/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com – Pemkab Asahan mengharapkan agar seluruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di desa dapat menggali potensi desanya agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saat ini dari 177 desa hanya 102 desa yang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang dikelola oleh Bumdes dan jumlahnya sebesar Rp 321.033.616,-.,” kata Plt Kadis Pemdes melalui Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Muad Fauzi Lubis kepada sejumlah awak media belum lama ini.
 
PAD ini,dikatakannya, dihasilkan sejak Pemerintah menganggarkan melalui Dana Desa melalui  APBN.
Ia mengharapkan agar BUMDes dapat menggali potensi desa seperti pengelolaan dan pembuatan pupuk kompos, pembuatan Virgin Coconut Oil, pembuatan konveksi pakaian, pengelolaan simpan pinjam, ketrampilan tangan, jasa pembayaran on line, pengembangan peternakan, tambak budidaya perikanan, pengelolaan restribusi pasar dan lain sebagainya.
 
Dikatakannya, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa untuk mewujudkan desa yang Otonom dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan mempercepat laju pembangunan desa.
 
Hal ini sesuai dengan visi dan misi pemkab Asahan yang dipimpin oleh bupati Asahan Taufan Gama Simatupang MAP untuk mewujudkan masyarakat yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.
 
“Kami mengharapkan agar seluruh masyarakat mendukung program yang dilakukan oleh BUMDes,” tegasnya.
 
 (RN)

Post a Comment

Disqus