/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian saat memberikan keterangan usai menghadiri acara buka puasa bersama keluarga besar Polri di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2017). (KOMPAS.com/Kristian Erdianto)

MEDAN. Sumutrealita.com - Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian menginstruksikan jajarannya untuk memperkuat pengamanan di setiap kantor polisi. Masing-masing polisi juga diminta waspada atas serangan teroris.

Hal itu disampaikan Kapolri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (25/6/2017), menyikapi serangan teroris ke Mapolda Sumatera Utara.

"Saya sudah memerintahkan semua jajaran polisi supaya mereka memperkuat pengamanan masing-masing satuan di kantor atau pribadi masing-masing," kata Kapolri.
 
Kapolri mengatakan, kedua pelaku penyerangan polisi di Mapolda Sumut diduga sel kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Jaringan tersebut menyasar polisi.
 
"Sasarannya polisi. Kenapa polisi? Karena polisi dianggap sebagai kafir harbi. Kafir yang menyerang mereka. Jadi harus diprioritaskan," kata Kapolri.
 
Kedua terduga teroris berinisial SP (47) dan AR (30) menyerang Mapolda Sumut pada Minggu pukul 03.00 WIB. Setelah melompat pagar di penjagaan, pelaku menyerang polisi yang tengah beristirahat di salah satu dari tiga pos penjagaan.
 
Ketika menyerang, menurut polisi, pelaku meneriakkan takbir. Aiptu Martua Sigalinging tewas ditikam di leher, dada, dan tangan dengan menggunakan senjata tajam. Pelaku juga mencoba membakar ruangan pos.
Salah satu rekan Aiptu Martua, Brigadir E. Ginting kemudian meminta tolong kepada anggota Brimob yang ada di pos lainnya.

Dari pos I, tiga anggota Brimob, yakni Brigadir Novendri Sinaga, Bharatu Lomo Simanjuntak, dan Brigadir Karo Sekali langsung bergerak cepat mendatangi Brigadir E Ginting. Seketika itu melakukan tembakan terhadap kedua pelaku.

AR tewas di lokasi. Ia diketahui merupakan warga Jalan Sisingamangaraja, Simpang Limun, Medan, Sumatera Utara. AR berprofesi sebagai penjual jus. Sedangkan SP kritis. Ia merupakan warga Jalan Pelajar Ujung, Gang Kecil, Medan. Dia berprofesi sebagai penjual rokok

Sebelumnya, kelompok teroris menyerang polisi yang tengah bertugas di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (25/5/2017) malam.

Peristiwa itu mengakibatkan jatuhnya 15 korban, yaitu 10 orang luka dan lima lainnya meninggal dunia.
Korban meninggal dunia terdiri dari tiga personel Polri dan dua pelaku, yaitu Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam.

Densus 88 Anti-Teror Polri menangkap 14 orang pascaserangan tersebut. Setelah diperiksa selama 7x24 jam, sebanyak sembilan orang di antaranya ditetapkan tersangka.
 

(kompas.com)

Post a Comment

Disqus