/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Ketua Etnis India, Hadidas Dan Kapolsek Mandoge Bersama Tokoh Masyarakat Saat Pembukaan PSBD Etnis India (Fhoto : Sumutrealita.com)

ASAHAN, Sumutrealita.com – Panitia Pengelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) kabupaten Asahan ke III kewalahan pada acara etnis budaya India lantaran penonton yang hadir diperkirakan lebih dari sepuluh ribu orang. Akibatnya panitia mempersilahkan pengunjung duduk di lapangan rumput di luar pagar pembatas tepatnya di depan panggung.

PSBD kabupaten Asahan ke III etnis India ini digelar di lapangan Sidodadi jalan Pondok Indah, Kisaran, pada Minggu malam (30/7/2017).

PSBD etnis India ini dibuka oleh Ketua Etnis India kabupaten Asahan, Hadidas didampingi oleh Kapolsek Mandoge dan tokoh masyarakat etnis India dan ketua etnis lainnya. Pembukaan acara ini ditandai dengan penyalahan petasan ke udara.

Saat petasan dinyalakan ke udara suara dan kilatan api petasan membuat suasana semakin riuh dan meriah ditambah suara hiruk pikuk dan tepuk tangan dari pengunjung yang sangat gembira menyaksikan gemerlap cahaya petasan di udara tersebut.

Para pengunjung dihibur dengan tarian dari group sanggar Black or White diiringi musik dan lagu dari India dan artis ibukota Medan etnis India yang sengaja didatangkan panitia dari Medan yakni Boby.

Salah satu tarian yang dibawakan Black or White adalah tari Banihong Barnetiung, Atraksi tarian mereka dengan gerakan yang keras dan lentur membuat penonton semakin takjub dan bertepuk tangan riuh.
Setiap atraksi mereka selesai penonton selalu minta atraksi ditambah.

“Tambo ,,,tambo,” kata para pengunjung sambil bertepuk tengan.

Iya ,,ya nanti kami tamba sekarang mari kita saksikan suara emas dari Boby bersama dua orang rekannya.
Boby bersama dua rekannya membawakan lagu kuch kuch hota hai, suara emas mereka ini membuat pengunjung ikut berjoget. Mendengar kemerduan suara mereka bertiga membuat banyak pengunjung mereques lagu yang mereka sukai. Seluruh lagu yang diminta pengunjung semuanya mereka penuhi dengan senang hati.

Ketua Etnis India, Hadidas dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pengunjung dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga acara PSBD etnis India ini dapat dilaksanakan dengan sukses.

“Saya berharap dengan adanya acara ini dapat memperkuat hubungan tali silahturahmi serta membuat kabupaten Asahan semakin aman dan kondusif,” tegasnya.

Hadidas mengaku terkejut dan tidak menyangka acara mereka ramai dikunjungi bahkan pengunjung hingga tumpah kelapangan rumput di depan panggung.

Ia mengharapkan agar etnish India yang ada di Asahan ini dapat semakin berbaur dengan masyarakat Asahan untuk sama sama membangun kabupaten Asahan.

Sementara itu ketua Panitia PSBD kabupaten Asahan ke III, Sofian Yoga mengatakan kegiatan PSBD ini diharapkan agar kaum generasi muda dapat mengetahui warisan budaya dari sukunya masing masing sehingga budaya daerah itu tidak luntur namun dapat diwariskan kepada generasi penerus secara turun temurun.

 (Man)

Post a Comment

Disqus