/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Gubernur Sumut H Tengku Erry Nuradi Memukul Gong Membuka PSBD Asahan Ke III (Fhoto : Sumutrealita.com)
ASAHAN, Sumutrealita.com  Ribuan masyarakat menyaksikan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke III yang digelar di lapangan Sidodadi di jalan Pondok Indah, Kisaran, Senin sore (24/7/2017).

PSBD Asahan ke III ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumut, H Tengku Erry Nuriadi didampingi oleh bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang dengan memukul gong yang disambut riuh tepuk tangan oleh ribuan pengunjung.

Dalam sambutannya Gubernur Sumut, H Tengku Erry Nuriadi memberi apresiasi atas kegiatan PSBD yang digelar pemkab Asahan ini untuk mempererat kesatuan dan persatuan bagi etnis yang berdiam di wilayah Asahan.

“Setiap etnis budayanya berbeda beda namun perbedaan tersebut justru memunculkan keindahan dan dapat mempererat jalinan silaturahmi untuk itu setiap etnis harus saling menghargai satu sama lain,” tegasnya

Ia menyebutkan sesuatu yang indah karena seni, seni adalah keindahan, tapi seni bukan hanya untuk seni tetapi seni untuk masyarakat.

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengatakan kegiatan PSBD ini untuk menjadikan kabupaten Asahan menjadi daerah yang religius dan mantap serta paten.

“Kegiatan PSBD ini digelar untuk mewujudkan kabupaten Asahan menjadi daerah yang religius, berbudaya mantap dan paten,” kata Taufan di sambut riuh tepuk tangan oleh pengunjung    

PSBD ini, kata Taufan , memiliki arti bagi setiap etnis untuk mengikat persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat, walaupun seni dan budaya setiap daerah memiliki perbedaan.

“Semboyan bangsa, Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-Beda Tetap Satu Jua dan harus dijunjung tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI," kata Taufan dengan nada tegas

Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke III ini diikuti oleh 14 suku yaitu : Batak Toba, Nias, Simalungun, Pakpak, Karo, Etnis India, Tabagsel,Minang, Aceh, Sunda, Banjar,Melayu, Jawa dan etnis Thionghoa.

Dipenghujung sambutannya Taufan mengharapkan agar kegiatan ini jangan hanya seremonial semata namun dapat diterapkan didalam kehidupan sehari hari.  

Sementara itu ketua Panitia PSBD kabupaten Asahan ke III Sofian Yoga mengatakan memberi apresiasi kepada Gubernur Kepri, H Tengku Erri Nurriadi yang telah bersedia membuka kegiatan PSBD ini. Ia juga mengucapkan kepada pemkab Asahan yang telah menggelar PSBD ini semoga kegiatan PSBD ini dapat mempererat jalinan silahturahmi masyarakat Asahan. 

(RT)\

Post a Comment

Disqus