/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Wakil Bupati Asahan H Surya .BSc (Fhoto : Istimewa)
ASAHAN, Sumutrealita.com – Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan kedepan Pemkab  Asahan akan membuat angka sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sekecil mungkin.

Hal ini disampaikannya pada saat rapat Paripurna yang digelar di gedung DPRD Asahan yang dipimpin Ketua DPRD Asahan, Benteng Panjaitan, Selasa (11/7/2017).
 
Ia mengakui bahwa pemkab Asahan lemah dalam menyerap anggaran yang telah direncanakan dan hampir setiap SKPD ada Silpa.
 
Namun dalam penjelasannya, Wakil Bupati Asahan telah berjanji agar kedepan lebih memfokuskan pada perencanaan yang lebih efektif dan tepat guna, agar tidak terdapat Silpa atau Silpa dibuat sekecil mungkin
 
“Adanya Silpa bukan saja karena faktor internal, tetapi juga faktor eksternal. APBD Asahan bukan hanya bersumber dari pendapatan murni daerah, namun juga bersumber dari APBN yang secara spesifik penyaluran dan pengunaannya diatur oleh Pemerintah pusat,” tegasnya.
 
Ia menjelaskan bahwa realisasi pendapatan sebesar Rp 1,614 triliun dikurangi dengan realisasi belanja dan transfer sebesar Rp 1,501 triliun ditambah pembiayaan netto sebesar Rp 149,901 miliar. Sehingga sisa lebih pengunaan anggaran sebesar Rp 262,681 miliar.
 
Tingginya angka Silpa itu dikatakannya, salah satu factor penyebabnya adalah keterlambatan penetapan petunjuk teknis dan perubahan tata cara penyaluran merupakan faktor-faktor eksternal yang turut menyumbang tingginya nilai Silpa pada APBD Asahan 2016 bahkan lebih dari 50% dari total Silpa bersumber dari dana transfer salah satunya DAU.
 
(MB/RT)


Post a Comment

Disqus