/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc Bersama Bupati Simalungun JR Saragih (Fhoto : Sumutrealita.com)

ASAHAN, Sumutrealita.com- Wakil bupati Asahan, H Surya Bsc bersama bupati Simalungun, JR Saragih.SH MH takjub menyaksikan acara Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan ke III etnis Simalungun yang digelar di lapangan Sidodadi, jalan Pondok Indah, Kisaran, Sabtu malam (29/7/2017).

Salah satu tarian yang membuat Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc takjub adalah pertunjukan tari Martonun ( bertenun) ulos. Tari tenun ini dimainkan oleh enam orang gadis Simalungun yang lengkap dengan pakaian khas Simalungun. Gerakan tarian ini diambil dari gerakan seorang wanita yang sedang menenun ulos yang dimulai dari proses pembuatan ulos yakni mulai dari menanam kapas , sebagai bahan dasar membuat benang, panen, sampai dengan memintal benang yang kemudian dilanjutkan proses tenun sampai menghasilkan ulos yang sepenuhnya.
Ke enam penari ini duduk dilantai dengan kaki diluruskan kedepan menggerakkan seorang penenun memintal benang hingga menjadi ulos.
Wakil Bupati Asahan, H Surya.Bsc dan JR Saragih selaku Ketua Partuha Marjuana Simalungun (PMS) sedunia tersenyum melihat gerakan penari yang gemulai dan nindah apalagi gerakan itu dilakukan secara serentak.
 
"Saya sangat memberi apresiasi terhadap seluruh masyarakat Simalungun yang ada di kabupaten Asahan karena telah berpartisipasi menggelar acara PSBD kabupaten Asahan ke III dengan sangat kompak," kata Surya.

Semoga dengan acara PSBD ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Asahan terhadap budayanya serta memperkokoh persatuan NKRI khususnya di kabupaten Asahan.
“ Kita harus melestarikan budaya peninggalan leluhur kita serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” ajak Surya.

Ditempat terpisah Humas Panitia PSBD Kabupaten Asahan Ke III Irfan Nasution memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih  kepada etnis Simalungun yang telah ikut berpartisipasi dalan acara PSBD ini sehingga digelar dengan sukses.
 
“Kami mengharapkan dengan adanya PSBD ini selain untuk mengenal masing masing budaya diharapkan kegiatan ini dapat menjaga kerukunan antar etnis dan antar umat beragama di kabupaten Asahan,” Harap Irfan Nasution.
(man)

Post a Comment

Disqus