/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MH Memberikan Cendera Mata Kepada Wabup Asahan, H Surya Bsc (Fhoto : Sumutrealita.com)
ASAHAN, Sumutrealita.com- Kabupaten Asahan akan memberikan pertapakan tanah kepada 14 etnis yang ada di kabupaten Asahan untuk dibangun pendopo atau rumah adat untuk 14 suku yang mendominasi di kabupaten Asahan. 

“Program pemberian lahan ini merupakan visi dan misi bupati Asahan pada periode 2010-2015 lalu,” kata Wakil Bupati Asahan. H Surya .Bsc saat menghadiri acara Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan Ke III suku Simalungun yang digelar di lapangan Sidodadi dijalan Pondok Indah, Kisaran, Sabtu malam (29/7/2017)

Ia mengakui bahwa masih ada etnis atau suku yang belum mendapat lahan lantaran kepengurusannya dimasa itu belum terbentuk maka dalam waktu dekat ini Pemkab Asahan akan mengalokasikan lahan kepada etnis yang belum mendapat alokasi lahan namun dengan catatan jika dalam waktu satu tahun lahan itu belum dibangun maka lahan tersebut akan ditarik kembali oleh  pemerintah daerah.

“Untuk itu saya atas nama pemerintah Asahan mengajak seluruh etnis agar membangun rumah etnisnya masing masing dilahan yang dialokasikan oleh Pemkab Asahan,” tegas Surya.

Surya juga mengatakan kepada Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MH yang juga ketua Partuha Marjuana Simalungun (PMS) sedunia  bahwa kegiatan PSBD ini digelar setiap dua tahun sekali melalui dana APBD kabupaten Asahan.

Ia juga menyebutkan kegiatan PSBD ini digelar bertujuan untuk memacu tokoh tokoh etnis yang ada di kabupaten Asahan untuk mendatangkan tokoh tokoh adat yang ada di daerah asalnya seperti yang dilakukan etnis Simalungun ini mendatangkan tokoh Simalungun yakni Dr JR Saragih SH MM.

Pada kesempatan itu, Surya juga menyampaikan salam dari bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang kepada JR Saragih.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada JR Saragih atas kehadirannya di kabupaten Asahan ini.
“Semoga dengan kehadiran bapak JR Saragih di Asahan ini dapat menambah semangat baru di Sumatera Utara ini,” kata Surya diakhir sambutannya.

Ketua PSBD kabupaten Asahan ke III Sofian Yoga melalui humasnya Irfan Nasution mengatakan sangat mendukung program pemkab Asahan untuk mengalokasikan lahan untuk digunakan membangun rumah adat dari seluruh etnis yang ada di kabupaten Asahan ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua DPC Partai Demokrat Asahan, Ilham Harahap serta ratusan kader dan simpatisan Partai Demokrat dan ribuan masyarakat Asahan khususnya dari etnis Simalungun.

(man)

Post a Comment

Disqus