/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Asahan menggelar rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak Tahun 2020 di Kabupaten Asahan, Senin (13/7/2020) di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan.

Hadir dalam acara rapat tersebut, Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Dandim 0208/AS, Kajari Asahan, Kapolres Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua KPU Kabupaten Asahan, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan, OPD dan tamu undangan lainnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Asahan, Harry Naldo Tambunan, SE dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan rapat ini yakni untuk mengetahui perkembangan tahapan persiapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan pasca peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang program dan penjadwalan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. 

Masih dikatakan Harry, untuk meningkatkan fungsi koordinasi dan kerjasama antar sektor dalam mempersiapkan penerapan protokol kesehatan covid-19 dalam upaya suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H Surya, BSc berharap kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Asahan untuk bekerja dengan intensitas yang tinggi dan mulia sehingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Asahan dapat terlaksana dengan aman, adil, lancar dan demokratis.

Lanjut Bupati Asahan berharap penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu Asahan) cepat mengevaluasi permasalahan yang ada melalui kerjasama dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan (stakholder).

"Pemilihan Kepala Daerah yang akan kita laksanakan akan terlaksana dengan baik apabila kita menyatukan kesamaan gerak langkah dan mengsinkronisasikan persiapan Pemerintah Daerah, penyelenggara Pilkada maupun seluruh komponen yang terlibat," ujar Bupati.

Selain itu, Bupati Asahan juga berharap agar KPU sebagai penyelenggara dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran dan penularan covid-19 dengan ketat. Agar tingkat partisipasi kehadiran masyarakat dalam menentukan hak pilih suara tidak mengalami penurunan dan KPU membuat suatu aturan tentang kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Asahan sehingga visi dan misi dapat disampaikan kepada masyarakat.

Bupati Asahan juga meminta, untuk kelancaran suksesnya Pilkada tahun 2010 ini saya minta kepada instansi terkait Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satpol PP, Disdukcapil, Dinas Kesehatan agar bersinergi dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Asahan Hidayat SP dan Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan Khomaidi Hambali Siambaton, SH, MH mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Asahan pada sore hari ini, karena kami dapat melihat kesiapan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam menghadapi Pilkada pada tahun 2020 ini.

Selain itu mereka juga berharap agar Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dapat membantu proses pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di   Kabupaten Asahan nantinya, sehingga kondusifitas, keamanan dan kelancaran proses Pilkada dapat kita capai sesuai keinginan kita bersama.

Di waktu yang sama juga Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kajari Asahan dan Kapolres Asahan menyampaikan siap mendukung proses Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Asahan.

Mereka juga meminta agar penyelenggara dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara menggunakan hak pilihnya di TPS dengan menerapkan protokol kesehatan dan lakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam mensukseskan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus