Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

SERGAI, Sumutrealita.com – Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Darma Wijaya akan menghibahkan Kapal Patroli kepada nelayan Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu. Kapal patroli itu diberikan untuk  pengamanan dan rasa aman bagi para nelayan, selain itu ekosistem laut tidak akan terganggu sehingga keutuhan ekosistem laut, dan kesejahteraan masyarakat pesisir laut dapat terjaga.

Wabup Sergai, H Darma Wijaya melalui telepon seluler pada Rabu (29/07/2020) mengatakan niatnya timbul menghibahkan kapal patroli kepada masyarakat desa Sentang kecamatan Teluk Mengkudu saat menghadiri acara Jamu laut di Desa tersebut, Minggu (26/7/2020) lalu.

Pada kesempatan itu masyarakat desa Sentang menyampaikan keinginannya terkait ekosistem biota laut di Sergai agar tetap terjaga dengan baik agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan keamanan laut tetap kondusif.

“ Industri kelautan dan perikanan hingga saat ini masih menjadi lini strategis yang cukup diperhitungkan, oleh karenanya profesi nelayan menjadi ujung tombak dalam industri penangkapan ikan,” katanya.

Akan tetapi terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para pencari biota lautan ini. Salah satunya adalah maraknya pukat trawl (pukat harimau) khususnya di perairan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). 

“ Kehadiran pukat harimau tersebut mengancam kesejahteraan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat. Atas permasalahan itulah tergerak untuk membeli Kapal Patroli, kemudian akan dihibahkan kepada nelayan Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu,” kata Wabup Sergai.

Ia menyebutkan bahwa dirinya bersama bupati Sergai berupaya keras demi kesejahteraan masyarakat Sergai. 

“ Sampai saat ini saya masih terus berupaya demi kesejahteraan masyarakat, saya akan melakukan pencetakan sawah di sekitar masyarakat pesisir, jika seorang suami tengah melaut, maka seorang istri akan ke sawah,” katanya.

Ia menyebutkan beberapa waktu yang lalu Pemkab Sergai juga melakukan pencetakan sawah seluas 20 hektar di Kecamatan Tebing Tinggi. Program cetak sawah ini telah berhasil, saat ini persawahan tersebut telah selesai ditanam. Kedepannya akan dilakukan hal serupa di sekitaran pesisir pantai di Sergai.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sergai menyampaikan bahwa pertanian yang dibangun dan digagas oleh Wabup Sergai patut mendapat apresiasi. Oleh karenanya, rencana kedepan untuk membuka pencetakan sawah baru di pesisir pantai hendaknya dapat kita dukung bersama-sama. (Bal)

Post a Comment

Disqus