/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com
– Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalumunthe ST MT menghadiri lomba Masak Berbahan Dasar Serba Ikan yang Ke 2 Tingkat Kabupaten Labauhanbatu tahun 2018 yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labauhanbatu . Lomba ini digelar di Gedung Kesenian Rantauprapat, Rabu

Dalam sambutannya Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalumunthe ST MT mengatakan bahwa saat ini masyarakat Kabupaten Labuhanbatu membutuhkan sekitar 30 ton ikan perhari yang di impor dari wilayah luar.

"Kabupaten Labuhanbatu membutuhkan 30 ton ikan perhari, saya meminta kepada seluruh Dinas terkait agar mengambil langkah,  agar tahun depan memasukkan Anggaran untuk Pembudidayaan Benih Ikan, sehingga kita tidak perlu lagi Impor ikan dari wilayah luar Labuhanbatu," katanya.

Ia menyebutkan dengan digelarnya Lomba Masak Menu Serba Ikan ini adalah salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan, dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan Baku Ikan.

Lomba Masak Menu Serba Ikan yang ke 2 untuk Tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini mengambil thema “Olahan Menu Serba Ikan Bandeng”

Lebih lanjut Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengatakan, tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Indonesia masih rendah, hanya 31,4 kg perkapita/tahun pada tahun 2016, berada pada peringkat ke 5 Asean, Target Pemerintah Indonesia tahun 2019 menargetkan 54,5 kg Perkapita/tahun.

Ia juga menjelaskan, Pemberian Benih Ikan yang direncanakannya itu, nantinya akan dilakukan di Desa - Desa seluruh Kecamatan se - Kabupaten Labuhanbatu dan untuk hasilnya akan langsung ditampung Pemkab untuk di pasarkan di Supermarket serta Pasar - Pasar yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu,  Ir Jumingan dalam kesempatan itu menyampaikan, Lomba Masak Serba Ikan ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, lomba ini merupakan Lomba Masakan Serba Ikan yang diadakan di Tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

"Lomba ini bertujuan untuk mendorong Peningkatan Konsumsi Makan Ikan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, mendorong berkembangnya Budaya Memasak dan Makan Ikan di Keluarga, serta memperkenalkan Keanekaragaman Masakan Berbahan Baku Ikan kepada masyarakat", sebut Jumingan.

Peserta yang mengikuti lomba ini dari 9 Kecamatan dengan masing - masing Kecamatan berjumlah 2 peserta dan peserta kehormatan yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, H Rosmaidar Andi Suhaimi Dalimunthe, Pemenang Lomba tersebut nantinya akan diikutsertakan di Perlombaan tingkat Provinsi yang akan digelar pada Bulan Oktober 2018 mendatang 

(BS)


Post a Comment

Disqus