/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com -  Menjelang pawai takbir, Plt Bupati Asahan, H Surya Bsc bersama dengan Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos., M.S melakukan buka puasa bersama yang dilaksanakan di Aula Melati kantor Bupati Asahan, Sabtu (10/08/2019).

Turut hadir dalam acara buka puasa itu, Ketua MUI Kab. Asahan, Ketua Imtaq Kab. Asahan, Ketua FKUB Kab. Asahan, OPD, Camat dan para tamu undangan.

Pada acara buka puasa itu Plt Bupati Asahan H. Surya, B. Sc dalam sambutannya mengingatkan bahwa apa yang kita miliki saat ini seperti harta, pangkat, jabatan dan rasa nikmat yang kita rasakan selalu merupakan amanah dan titipan Allah SWT yang harus kita syukuri.

Beliau mengakui bahwa seluruh umat muslim di Asahan tentu tidak hanya memaknai hari raya Idul Adha sebatas makna saja akan tetapi lebih dari itu.

Dibalik hari raya Idul Adha ini, katanya, ada makna filosofis yang perlu kita gali dan ada empat peristiwa yang penting yang harus kita laksanakan di hari Raya Idul Adha yaitu : ibadah haji, puasa arrafah, shalat hari raya idul adha dan ibadah qurban.

“ Semua ibadah tersebut terdapat nilai-nilai sosial kemanusian, karena semuanya mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong , saling memberi, dan persamaan derajat sehingga muaranya akan dapat mengkokohkan semangat rukun,” katanya.




Lebih lanjut dikatakannya, disamping itu ada sejarah yang dapat dijadikan pelajaran dan memberi pesan kepada kita agar kita membersihkan hati dan jiwa dari nafsu-nafsu hewani yang sering kali melekat pada diri manusia kecintaan kita terhadap atribut-atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah SWT .

“ Kita harus mampu mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, bangsa dan negara,” jelasnya.

Pembawa tausiyah dalam acara buka puasa itu Alustadz H. Salman Abdullah Tanjung, Lc, MA. Dalam tausiyah dia mengajak seluruh umat agar pada hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini untuk memperkuat ikatan ukhuwa islamia, sehingga kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan di Negara yang kita cintai ini.

Kegiatan selanjutnya, Plt Bupati Asahan H Surya Bsc melepas 73 mobil pawai takbiran yang diikuti oleh Instansi Vertikal, OPD, BUMD dan masyarakat. Pelepasan pawai takbir itu dilakukan di depan kantor bupati Asahan, Kisaran. (DS)

Post a Comment

Disqus