/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Asahan menggelar bimbingan teknik (Bimtek) Persandian tahun 2019 dengan tema " Komunikasi Senjataku, Informasi Kekuatanku", Selasa (20/8/2019) di aula hotel Antariksa Kisaran.

Peserta yang mengikuti Bimtek Persandian ini sebanyak 50 orang yang berasal dari setiap Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Asahan dengan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Asahan tahun 2019.

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc yang dibacakan Kabid Persandian dan Statistik Dinas Kominfo Asahan, Drs Nirwan mengatakan pekerjaan mengelola informasi publik memang bukanlah hal yang mudah diperlukan ketelitian, cermat dan rahasia. Disamping itu perkembangan informasi dan tehnologi juga memberi peluang yang sangat mudah dalam pencurian informasi yang bersifat rahasia dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menjamin keamanan informasi berklasifikasi milik pemerintah diperlukan pengaturan pengendalian persandian, keamanan informasi sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik terhadap sistem elektronik dan pelayanan publik. Untuk itu penyelenggaraan persandian berkorelasi dengan aspek kelembagaan, sumberdaya manusia, alat peraga sandi, sistem sandi serta prosedur pelaksanaannya.

Walaupun bukan satu-satunya cara yang dapat menjamin keamanan dan pengamanan informasi, namun kegiatan penyelenggara persandian akan meminimalisir kemungkina bocornya berita dan informasi berklasifikasi rahasia yang dampaknya akan mengganggu jalannya penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang sedang dan akan kita lakukan.

Kegiatan ini diisi pemateri dari Kodim 0208/AS, Pasi Intel Lettu Fuad Lubis tentang sejarah Persandian, Kabid Teknologi Informasi Diskominfo Provinsi Sumut , Dedi Irawan membawa materi tentang keamanan Informasi dan Thamrin Dedy Sunarto menyampaikan materi tentang Persandian dan UU ITE. (DS)

Post a Comment

Disqus