/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39  tahun 2019 tingkat Kabupaten Asahan, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Asahan menggelar festival pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Asahan, Rabu (28/8/2019) dipusatkan di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Asahan.

Laporan panitia kegiatan yang disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Asahan, Ir. Amir Husein Siregar MMA mengatakan  bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada masyarakat luas agar dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman sesuai potensi pangan lokal di wilayahnya.

Lanjut Amir Husein melaporkan bahwa selain  Festival lomba pangan B2SA yang diikuti oleh ibu ibu tim penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Asahan juga ada pameran UMKM pelaku usaha industri pangan olahan  yang di ikuti 10 UMKM, acara juga dilanjutkan pemberian penghargaan Adhikarya pangan Nusantara kepada 12 orang dan pemberian bantuan untuk peningkatan gizi kepada 40 orang balita, sekaligus peresmian Aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan.

Plt.Ketua TP PKK Asahan, Ny Hj Titiek Sugiharti Surya dalam sambutanya menyampaikan harapan agar penerapan prinsip B2SA ini tidak terbatas hanya pada lomba saja tetapi dapat diaplikasikan dalam konsumsi sehari hari , agar ibu ibu PKK Kecamatan dapat menyebar luaskan ke tengah tengah masyarakat.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, H Surya BSc dalam pidatonya menyampaikan festival pangan lokal adalah upaya meningkatkan ketersediaan konsumsi pangan yang B2SA demi mewujudkan SDM yang berkualitas serta dapat menumbuhkan kreativitas dalam membuat olahan pangan yang menarik, bercita rasa tinggi, bergizi serta memiliki nilai ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan berkelanjutan.

Dalam pidatonya, Plt.Bupati Asahan juga berpesan untuk bijak dalam mengkonsumsi makanan. Makanlah yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan, Makanlah untuk hidup bukan hidup untuk makan, jadikanlah makanan sebagai obat bukan obat sebagai makanan, ujar plt.Bupati Asahan.

Plt Bupati Asahan didampingi Plt Ketua TP PKK memberian penghargaan adhikarya pangan nusantara dan pemberian bantuan peningkatan gizi balita secara simbolis. Plt Bupati Asahan didampingi Plt Ketua TP PKK dan OPD melakukan peninjauan lokasi festival pangan lokal B2SA dan stand UMKM industri olahan pangan lokal.

Peresmian aula Dinas Ketahanan Pangan ditandai penandatanganan oleh Plt Bupati Asahan dan pemotongan pita oleh Plt Ketua TP PKK. Pemberian hadiah kepada pemenang festival B2SA oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Juara I Kecamatan Kota Kisaran Timur, juara II Aek Ledong dan juara III Pulau Rakyat. 

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Plt.Bupati Asahan, Kepala Badan Pusat Statistik Asahan, OPD, Camat Se Kabupaten Asahan, Plt.Ketua PKK Asahan dan Ketua PKK Kecamatan. (DS)

Post a Comment

Disqus