/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc didampingi Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan, Sekretaris Daerah (Sekda), Taufik ZA, Ketua Partai Demokrat Asahan, Ilham SAg, OPD, Camat setempat dan Kepala Desa (Kades) menghadiri panen raya padi sawah, Sabtu (24/8/2019) di Desa Serdang, Kecamatan Meranti.

Dalam sambutanya,Camat Meranti, Darma Ginting SE menyampaikan luas lahan pertanian yang ada di Kecamatan Meranti sekitar 2.200 Ha. Pada hari ini kita akan memanen seluas 457 Ha di Desa Serdang dan ini merupakan panen pertama di tahun 2019.

Darma juga  menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Kecamatan Meranti kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah menambah debit air sungai bunut. Sehingga dengan ditambahnya debit air sungai bunut ini, maka hasil panen masyarakat Kecamatan Meranti bertambah. 

" Kepada Plt Bupati Asahan kami berharap agar  dapat membantu masyarakat Kecamatan Meranti dalam pengalihan lahan dari lahan sawit menjadi lahan tanaman padi, ujar Darma.

Pada kesempatan ini, Plt Bupati Asahan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan alih fungsi lahan pertanian khususnya lahan sawah seperti yang diatur dalam UU Nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan serta perda nomor 7 tahun 1999 tentang pengaturan pemanfaatan lahan sawah dalam Kabupaten Daerah tingkat II Asahan.

Plt Bupati juga berharap kepada para petani yang ada di Kabupaten Asahan khususnya di Desa Serdang ini untuk dapat mempertahankan lahan pertanian ini untuk anak cucu kita kedepannya.

"bila ada masalah dilapangan segeralah berkoordinasi atau melaporkan kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Asahan untuk dapat memfasilitasinya," ujar Plt.Bupati Asahan.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan mengatakan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia dari dulu sampai saat ini. Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan dapat beralih fungsi lahan, yang mana dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian. Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan saya berharap dapat menaikkan debit air sungai bunut agar produksi padi yang ada di Kecamatan Meranti dapat meningkat. Kembangkan pertanian di Kabupaten Asahan, kata Hinca.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Asahan dan anggota Komisi III DPR RI menyerahkan secara simbolis bantuan alat semprot hands prayer kepada kelompok tani Desa Serdang. (DS)

Post a Comment

Disqus