/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Plt Bupati Asahan H Surya BSc diwakili Asisten II Ekbang Drs H Jhon Hardi Nasution MSi membuka sosialisasi Aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) , Rabu (31/7/2019) di aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Adapun Narasumber kegiatan sosialisasi ini yakni dari Ombudsman RI perwakilan Sumaatera Utara, Abyadi Siregar S Sos, Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, Dr Maju Siregar, SH MM, Dedi Sutendi dan Kabag Orta, Drs Ilham.

Ketua Panitia, Riris Kusmiyati SKom dalam laporannya mengatakan maksud kegiatan adalah untuk mendukung kesiapan pemerintah Kabupaten Asahan dalam pelaksanaan aplikasi LAPOR-SP4N, adapu  tujuan kegiatan agar peserta mengetahui tentang kerangka hukum dan kebijakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik serta petunjuk teknis dan tata kerja sistem LAPOR-SP4N.

Plt Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II mengatakan saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan telah banyak memberikan perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia, terlebih lagi dalam mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi yang dapat dilakukan dimanapun tanpa dibatasi tempat dan waktu sehingga informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.

Saat ini Pemerintah telah berpartisipasi dalam mempergunakan teknologi ini yang salah satunya adalah pelayanan publik berbasis internet. Sejak tahun 2016 Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara Nasional bagi Pemerintah Daerah ke dalam Aplikasi LAPOR-SP4N.

Aplikasi layanan pengaduan online rakyat yang selanjutnya disingkat LAPOR merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media social dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas dengan tujuan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat sehingga masyarakat dapat secara leluasa menyampaikan setiap permasalahan dilingkungannya.

H Surya berharap seluruh peserta dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar dapat memahami dengan baik sehingga pada akhirnya peningkatan pelayanan publik yang menjadi tujuan aplikasi LAPOR-SP4N ini dapat tercapai dan seluruh OPD di Kabupaten Asahan dapat memberikan akses yang luas kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi LAPOR ini sehingga mampu memberikan kontribusi tata kelola birokrasi yang lebih baik.

Acara sosialisasi ini dihadiri, Asisten Ekbang Sekdakab Asahan, H. Jhon Hardi Nasution MSi, Kadis Kominfo H Rahmat Hidayat Siregar, SSos MSi, OPD, Kabag dan pihak Kecamatan sebagai peserta.(DS)

Post a Comment

Disqus