/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Lakukan Pembinaan Iva Test di UPTD Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane. ASAHAN, Realitasnews.com - Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya, MPd melakukan pembinaan Iva Test di UPTD Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane, Jum'at (02/07/2021)  Pada pembinaan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Asahan didampingi oleh Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan, Kepala UPTD Puskesmas Prapat Janji dan Ketua TP PKK Kecamatan.  Ketua TP PKK Kabupaten Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, dalam menghadapi perlombaan Iva Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara, saya berharap kepada Dinas terkait, Camat Kecamatan Buntu Pane dan Kepala UPTD Puskesmas Prapat Janji serius dalam menghadapi lomba Iva Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara tersebut. Sehingga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai, menjadi juara dan mewakil TP PKK Provsu ditingkat Nasional.  Selain itu beliau mengatakan, Iva Test ini bukan hanya untuk lomba semata, tetapi juga meningkatkan kesehatan masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus wanita, karena Iva Test sangatlah penting bagi kaum wanita.   "Dengan melakukan IVA test kita dapat mendeteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita. Untuk itu marilah kita sukseskan program IVA test dimulai dari ibu - ibu TP PKK Dusun, Desa, Kecamatan hingga Kabupaten, dengan mendatangi Puskesmas - Puskesmas yang ada Di Kabupaten Asahan," ucap beliau di hadapan para tamu undangan yang berhadir di Halaman UPTD Puskesmas Prapat Janji yang mengikuti pembinaan Iva Test.  Mengakhiri bimbingan dan arahannya Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengucapkan selamat kepada UPTD Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane yang menjadi perwakilan Puskesmas di Kabupaten Asahan mengikuti lomba Iva Test Tingkat Provsu.  Dikesempatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Asahan didampingi oleh Kepala UPTD Puskesmas beserta tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut meninjau Rimah Iva Test UPTD Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane. (Nes)

SERGAI, Sumutrealita.com - Meski tengah berjuang dalam proses percepatan penanganan pandemi Covid-19¸ perhatian dan kinerja Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk menuntaskan target di bidang lain tetap terjaga. Selain pembangunan infrastruktur jalan di banyak titik, Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, juga menaruh perhatian serius terhadap perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) yang ada di Kabupaten Sergai.

Hal ini disampaikan Bupati Darma Wijaya ketika memberikan sosialisasi kepada 68 penerima bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Stadion Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (01/07/2021).

“Pemkab Sergai ingin agar masalah rutilahu di kabupeten kita ini bisa dituntaskan dan tidak bertambah tiap tahunnya. Makanya perlu aksi cepat dan sinergis untuk menangani urusan ini. Pasti tidak mudah, namun dengan upaya dan usaha yang signifikan, kami optimis hal ini bisa terealisasi,” ucapnya, sembari merinci jika bantuan ini berasal dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (300 unit), DAK (68 unit) dan dari Pemprov Sumut (50 unit) sehingga total bantuan 418 unit rumah.

Bupati menyebut, penanganan rutihalu di Sergai sudah dimulai sejak 2017 hingga saat ini dan dari data yang ada total 1.226 rutihalu warga yang telah diperbaiki. Bang Wiwiek mengatakan, bantuan kali ini sifatnya stimulan, artinya dalam pelaksanaannya harus ada partisipasi aktif dari masyarakat dan juga dari pihak swasta. Hal ini, sebutnya, bertujuan agar semua pihak dapat ikut terlibat dan anggaran yang tersedia dapat direalisasikan dengan efektif.

“Kami minta kepada masyarakat penerima bantuan supaya memakai dana yang diberikan sesuai dengan peruntukannya, yaitu untuk perbaikan rumah yang tidak layak menjadi layak huni. Pemerintah pusat sendiri menaruh perhatian lebih terhadap Tanjung Beringin sebagai kecamatan yang memiliki area dengan status pulau terluar di nusantara, yaitu Pulau Berhala. Sehingga untuk itu bantuan yang sangat bernilai ini benar-benar supaya dipakai dengan baik,” tandasnya.

Dalam laporannya, Plt. Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sergai Suwanto Nasution, S.Pd, MM, merinci tahun ini biaya yang dikucurkan sebesar 20 juta rupiah yang terbagi kedalam biaya material 17,5 juta rupiah dan sisanya untuk upah renovasi.

Ia menambahkan, pengerjaan Rutilahu sifatnya kelompok  di mana jika ada salah satu rumah penerima bantuan tidak mampu menyelesaikan pengerjaan perbaikan, maka akan ditanggung oleh seluruh anggota kelompok.

“Di Tanjung Beringin yaitu di Desa Nagur dan Pematang Cermai masing-masih ada 1 kelompok, sedangkan Desa Pematang Terang terdiri ada 2 kelompok. Saat ini kami sudah mengusulkan perbaikan terhadap 800 unit rutihalu untuk tahun 2022,” paparnya.

Di kesempatan yang sama Camat Tanjung Beringin, Elmiati, S.AP menyampaikan terima kasih atas perhatian besar yang diberikan untuk daerahnya.

“Sebelumnya sudah dilaksanakan pembangunan terhadap infrastruktur jalan di Tanjung Beringin dan sekarang Bupati dan Wabup juga memberikan perhatian kepada warga dengan rutihalu. Untuk selanjutnya kami akan melaksanakan pemantuan terhadap proses pengerjaan rutilahu ini dengan menjalin koordinasi bersama para Kepala Desa,” katanya.

Acara kemudian diakhiri dengan pemberian dua unit kursi roda oleh Bupati Sergai kepada warga setempat atas nama Hulman Nainggolan dan Surya Admaja. (Red)


 

Post a Comment

Disqus