Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Sambut Hari Bakti BP Batam Ke 49, RSBP Batam Bersama PMI Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial


BATAM, Sumutrealita.com – Rumah Sakit BP Batam menggelar donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Batam yang dilaksanakan dalam rangka Hari Bakti Badan Pengusahaan (BP) Batam ke-49, pada Selasa (20/10/2020), di Balairungsari, Gedung Utama, BP Batam. 

Manager Pemasaran dan Pengembangan Usaha RSBP Batam, Okta Riza, mengatakan, kegiatan donor darah digelar untuk menambah stok labu darah yang ada di Bank Darah RSBP Batam serta PMI Kota Batam.

“Saat ini ketersediaan labu darah sangat sedikit, sedangkan kebutuhan darah bagi pasien terus melonjak naik. Untuk itu, kegiatan ini kami rencanakan akan dilaksanakan secara rutin di RSBP Batam,” kata Okta Riza.

Ia melanjutkan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol Covid-19, yang diikuti oleh para karyawan BP Batam dan terbuka untuk umum. 

Para pedonor darah telah diperiksa kesehatan terlebih dahulu dan memenuhi syarat untuk menjadi pedonor, yaitu berusia minimal 17-60 tahun, tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, beristirahat yang cukup, temperatur tubuh dan tekanan darah normal, serta jumlah hemoglobin yang cukup.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Batam, dan dapat membantu menambah stok labu darah RSBP Batam dan PMI Kota Batam,” ujar Okta Riza.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Batam, dr. Novi, mengatakan, pandemi Covid-19 membawa kendala tersendiri bagi PMI untuk mendapatkan pendonor.

“Stok labu darah di Unit Donor Darah PMI Kota Batam sudah mencapai batas maksimal untuk semua golongan darah. Bahkan hampir tidak ada. Ini adalah buah dari kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19 yang masih ada di Batam,” ujar Novi.

Ia juga berharap, kegiatan donor darah ini mampu mendorong instansi lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BP Batam yang telah menginisiasi kegiatan ini. Dan kalau boleh, kegiatan donor darah ini dapat dilaksanakan minimal 3 bulan sekali, untuk membantu stok darah, baik di RSBP maupun di PMI Kota Batam,” kata Novi. 

Senam Jantung Virtual hingga Pemeriksaan Kesehatan Gratis

RSBP Batam juga melaksanakan program edukasi dan senam jantung sehat daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di akun Instagram resmi RSBP Batam, pada Minggu (18/10/2020) lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur RSBP Batam, dr. Afdhalun Anwar Hakim, sekaligus narasumber pada edukasi virtual tersebut dengan tema “Penyakit Jantung di Masa Pendemi”. 

Selain tentang kiat menjaga kesehatan jantung, dalam paparannya, Afdhalun Hakim, juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga protokol Covid-19 selama pandemi dengan melakukan gerakan 6M.

“Jika yang kita tahu selama ini adalah 3M, yaitu Mencuci tangan, Manjaga jarak, dan Memakai masker, kali ini kita tambah 3M lagi, yaitu Menjaga kesehatan, Menghindari Hoax seputar Covid-19, dan Mengonsumsi makanan yang bergizi dan suplemen tubuh,” jelas Afdhalun Hakim.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Senam Jantung Sehat yang dipimpin oleh 5 instruktur senam dari Club Jantung Sehat Kota Batam, yang diikuti para anggota Komunitas Jantung Sehat Kota Batam serta manajemen dan staf RSBP Batam.

Tim RSBP Batam juga melakukan pelayanan kesehatan gratis di Fasum Perum Villa Sampurna, Tiban Indah, meliputi pengecekan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, serta konsultasi kesehatan gratis dengan tenaga medis RSBP Batam.

“Alhamdulillah, kami mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pesannya tadi, jika memungkinkan, sebulan sekali bisa datang. Selain itu, minggu depan ada permintaan dari warga Perumahan Indah Permai agar Tim Gowes RSBP Batam hadir di sana. Nanti akan kami jadwalkan,” kata Afdhalun Hakim. (rud)


Post a Comment

Disqus