/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


 ASAHAN,Sumutrealita.com - Penyakit difteri merupakan momok bagi masyarakat dimana penyakit ini dapat menyebabkan kematian akibat sumbatan saluran napas atas atau toksinnya yang bersifat patogen, selain itu dapat menimbulkan komplikasi miokarditis atau peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah.

 Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut Kepala Dinas Kesehatan  Asahan, dr. Aris Yudhariansyah MM ,saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (11/12/2017) menghimbau agar orang tua segera membawa anaknya ke Posyandu guna dilakukannya imunisasi ulang. "Walaupun di Asahan belum ada ditemukannya kasus difteri namun untuk mengantisipasi penyakit tersebut lebih baik dilakukan imunisasi ulang ke puskesmas atau pun ke posyandu" ujar Aris.

Aris juga menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan RI telah melakukan imunisasi massal di tiga provinsi sebagai bentuk respon atas penyebaran kasus difteri, yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Lebih lanjut Aris mengatakan bahwa gejala terkenanya penyakit ini di tandai  berupa demam suhu tinggi, selaput putih di tenggorokan, sakit waktu menelan, suara serak, pembesaran kelenjar getah bening dan kadang disertai sesak nafas. Jika hal itu terjadi maka segeralah bawa ke Puskesmas terdekat, pintanya.

 (DS)

Post a Comment

Disqus