/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com   Sebanyak 125 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK dan SD mengikuti Seminar Pendidikan Keluarga yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan di Perguruan Yapin Simpang Kawat, Kecamatan Simpang Empat, Asahan, Sabtu  (23/12/2018).

Seminar ini digelar untuk meningkatkan wawasan dan skill para guru sehingga mampu menerapkan azaz Tri Pusat Pendidikan yakni sektor keluarga, masyarakat dan sekolah dengan saling bersinergi dan simultan untuk membentuk karekter anak didik yang berakhlak mulia, ceria, cerdas dan berintegritas.

Seminar Pendidikan Keluarga ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Asahan bahwa Pemerintah hadir di dalam urusan anak usia dini dan 1000 hari pertama anak lahir.

Pada seminar ini nara sumber yang dihadirkan oleh panitia adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Asmunan, Kabid PLS,  Drs. Musa Albuhori. Lasiran . S.Pd. Kupt  Drs H . Taher Tanjung Pengawas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Asmunan dalam materinya menjelaskan bahwa dalam dunia pendidikan saat ini perlu ditingkatkan peran keluarga untuk menumbuhkan karakter dan budaya prestasi anak.

Ia berharap agar para guru yang mengikuti Seminar Pendidikan Keluarga ini dapat meningkatkan kemampuannya untuk membentuk karekter anak didiknya. berakhlak mulia, ceria, mandiri, cerdas dan berintegritas.

“Setelah mengikuti seminar ini diharapkan  peserta yang hadir dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperolehnya dan selanjutnya mampu mentransfernya kepada guru guru yang lain,” katanya.

Dalam materinya seluruh nara sumber menjelaskan bahwa untuk penguatan pendidikan karekter setiap anak dibutuhkan sinergitas keluarga , sekolah dan masyarakat.  Keluarga merupakan tahap pertama dimana sifat kepribadian anak tumbuh dan terbentuk dengan cepat. Pengasuhan orang tua merupakan hal yang perlu dipelajari secara terus menerus oleh tiap keluarga agar tanggap dan responsif pada setiap tahap perkembangan yang dialami oleh anak.  Karena itu, melalui praktek-praktek baik keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah, ataupun peningkatan kemampuan orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan di lingkungan keluarga sangatlah penting dalam tumbuh kembang anak di masa remaja untuk perkembangan dan kesiapan anak memasuki usia dewasa.

(DS)

Post a Comment

Disqus