/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com -  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan menggelar kegiatan bedah buku "Pantun dan Adat Perkawinan Melayu" yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas setempat, Selasa (12/12/2017).

Pidato tertulis Bupati Asahan,Drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP, yang dibacakan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Misli M Noor mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan jaman,  kita melihat semakin pudar semangat untuk melestarikan kebudayaan daerah di kalangan remaja, hal ini akibat dari adanya globalisasi dan pesatnya perkembangan internet.

Globalisasi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pengaruhnya terhadap kebudayaan daerah. Globalisasi dan internet telah menghubungkan kita dengan dunia luar sangat mudah dan kita juga dapat mengakses budaya budaya asing yang masuk kedalam negeri sehingga budaya asli daerah mengalami pergeseran, baik nilai maupun bentuknya.

Sesuai dengan thema bedah buku ini, lanjut Misli, pada hakekatnya tradisi pernikahan Melayu harus terus dilaksanakan dan di kembangkan karena masih banyak nilai nilai kehidupan yang terkandung dari tradisi pernikahan ini, antara lain yaitu :
  1. Tradisi upacara adat perkawinan merukan ajaran leluhur sehingga dengan memperaktekan ajaran ini secara tidak langsung merupakan upaya dalam melestarikan budaya leluhur
  2. Melanjutkan tradisi, tujuannya adalah mencetak generasi penerus sehingga budaya di keluarga dan kelompok masyarakat akan berkembang
  3. Pelestarian sastra tradisional, nilai ini terlihat dari pantun berbalas saat pertunangan
  4. Mempercepat dan memperluas hubungan keluarga, nilai ini tercermin dari tujuan perkawinan itu sendiri, menyatukan dua keluarga menjadi satu keluarga besar.
Dalam kesempatan ini,Bupati menghimbau kepada adik adik pelajar agar melakukan upaya dalam melestarikan budaya lokal khususnya yang ada di Kabupaten Asahan, serta menjadikan momen ini menjadi momen strategis bagi kalian untuk menyerap dan inspirasi dari penulis.
 
Tampak hadir dalam acara ini, Kadis Perpustakaan dan Arsip Asahan, Penulis Buku,OK Sahril, Pelajar SMA dari berbagai sekolah di Asahan.

(DS)

Post a Comment

Disqus