/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Sumutrealita.com – Pemkab Asahan terus berupaya mewujudkan Visi dan Misinya menjadikan masyarakat kabupaten Asahan menjadi masyarakat yang sehat. Salah satu yang dilakukan dengan membangun Puskesmas diseluruh pelosok kabupaten Asahan.

Seperti yang dilakukan Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang pada Kamis (7/12/2017) meresmikan 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sekaligus yang peresmiannya dipusatkan di Puskesmas Rahuning.

Keempat Puskesmas yang diresmikan itu adalah Puskesmas Rahuning bertempat di Kecamatan Rahuning, Puskesmas Ola Padang Mahondang bertempat di Kecamatan Pulau Rakyat,  Puskesmas Gonting Malala bertempat di Kecamatan Bandar Pulau, Puskesmas Sei Kepayang Timur bertempat di Kecamatan Sei Kepayang Timur.

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang saat meresmikan ke empat Puskesmas tersebut didampingi oleh Kepala dinas Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah, OPD se Kabupaten Asahan, Camat Rahuning, Camat Bandar Pulau, Camat P Rakyat, Camat Sei Kepayang Timur, Kades se Kecamatan Rahuning.

Walau kondisi kesehatannya kurang baik, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang tetap bangkit dari kursinya dibantu istrinya untuk meresmikan ke empat Puskesmas itu dengan menggunting pita di Puskesmas Rahuning.
 
Peresmian ke empat Puskesmas ini juga dilakukan dengan penandatanganan prasasti keempat Puskesmas tersebut. Penandatanganan batu prasasti itu dilakukan Bupati Asahan di kursinya.
Dalam peresmian ke empat Puskesmas tersebut Pemkab Asahan juga menyantuni anak yatim piatu.
Bupati Asahan , Taufan Gama Simatupang dalam sambutannya mengatakan semoga dengan bertambahnya empat Puskesmas ini diharapkan dapat membantu Pemkab Asahan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sehingga dapat mengurangi angka kematian dan dapat mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan mewujudkan masyarakat yang Reliqius, Sehat Cerdas dan Mandiri.
“Saya harap seluruh staf Puskesmas dapat merawat semua fasilitas yang ada di Puskesmas ini dan seluruh perawat harus selalu ramah melayani masyarakat, saya tidak mau dengar lagi ada keluhan warga yang mengatakan pelayanan di Puskesmas tidak maksimal,” kata Bupati Asahan.
Ia juga menyebutkan bahwa Pemkab Asahan telah mengalokasikan dana untuk penyedian mobil ambulance pada tahun 2018 yang akan dialokasikan untuk Puskesmas yang belum memiliki mobil ambulance.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah melaporkan bahwa ke empat Puskesmas ini dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK).
Saat ini, katannya, di Puskesmas Rahuning memiliki 7 Puskesmas Pembantu, 6 Poskedes, dan 6 tenaga PNS dan 7 tenaga bidan yang telah diangkat menjadi CPNS sedangkan di Puskesmas Ofa Padang Mahondang memiliki 5 Puskesmas pembantu, 4 Poskedes, dengan jumlah tenaga PNS 14 orang dan CPNS 2 orang, Bidan Desa 5 orang dan tenaga sukarela 14 orang.
Untuk Puskesmas Gunting Malaha saat ini memiliki tiga Puskesmas Pembantu, jumlah tenaga PNS sebanyak 8 orang dan satu orang tenaga dokter kontrak, CPNS 11 orang dan tenaga sukarela sebanyak 25 orang.
Sementara di Puskesmas Sei Kepayang Timur memiliki empat Puskesmas pembantu, dengan jumlah PNS 10 orang dan CPNS 3 orang dan Bidan Desa sebanyak 6 orang.
“Dinas Kesehatan Asahan akan selalu komitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Asahan dengan mempersiapkan seluruh sarana dan prasarananya,” tutup Aris
(DS)

Post a Comment

Disqus