/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN,Sumutrealita.com
-  Dinas Pendidikan (Disdik) Asahan menggelar acara festival tari gubang untuk tingkat pelajar   SD, SLTP, SLTA  yang di gelar di ruang Aula SKB Dinas setempat , Rabu ( 20/12/2017).

Kepala Dinas Pendidikan ,Asmunan SPd, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, H.Syamsuddin SPd saat membuka acara mengatakan bahwa gubang berasal  dari kata gebeng yang berarti perahu, dalam bahasa Melayu dialog Asahan kata gebeng lama lama berubah menjadi gubang.

Tari gubang atau tarian rakyat yang kental unsur magicnya menjadi sejenis ritual untuk memanggil angin demi kelancaran aktivitas khususnya para nelayan.

Tari gubang mulai berkembang seiring perkembangan zaman, tari Gubang berfungsi sebagai hiburan, penyambutan tamu, upacara adat dan acara lainnya.

Syamsuddin juga mengatakan bahwa saat ini kearifan lokal tari Gubang Asahan telah tercatat sebagai warisan budaya nasional dari Kabupaten Asahan, tapi saat ini tari Gubang kurang diminati generasi muda, maka diperlukan tindakan untuk melestarikannya.

Ia berharap festival tari Gubang ini digelar secara berkesinambungan dan harus kita lestarikan dan sekolah sekolah dihimbau agar membuat kegiatan ekstrakurikuler dibidang kearifan lokal, termasuk tari Gubang.

“Kegiatan ekstrakurikuler untuk melestarikan tari Gubang dapat  menggunakan dana BOS,” ujar Syamsuddin.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni dari tanggal 20 Desember hingga 21 Desember 2017 dan diikuti  12 grup putra dan putrid, yakni SMPN 1 Sei Dadap, SMPN 7 Kisaran, MTsN Meranti, SMPN 1 Air Joman, SMPN 1 Tinggi Raja, SMPN 2 Kisaran, SMPN 1 Sei Kepayang, SMPN 6 Kisaran, SMPN 4 Kisaran, MTsN Kisaran, SMPN 1 Setia Janji dan SMPN 1 Kisaran  dan untuk  1 grup terdiri dari 6 orang

(DS)


Post a Comment

Disqus