/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Bright PLN Batam Teken MoU  Terkait Pemasangan Pembangkit PLTS di Rooftop PT McDermot Indonesia
bright PLN Batam Teken MoU Dengan PT McDermot Indonesia.tentang pemasangan PLTS pada Rooftop (Fhoto : Ist)


BATAM, Sumutrealita.com – Direktur Utama bright PLN Batam, Nyoman S. Astawa mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan, yang dibuktikan dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT McDermot Indonesia.
Penandatanganan bright PLN Batam dengan PT McDermot Indonesia itu memuat kesepahaman tentang pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada atap gedung perkantoran dan struktur bangunan (rooftop) PT McDermot Indonesia.

“ Pemasangan PLTS Rooftop tersebut menegaskan komitmen bright PLN Batam dalam mengembangkan green energy yang berkelanjutan dan berorientasi pada penggunaan energi bersih, baru dan terbarukan,” kata Nyoman S. Astawa.

Ia menyebut pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dengan PT McDermot Indonesia dalam rangka memperluas penggunaan energi baru terbarukan. Selain menghasilkan listrik yang ramah lingkungan, penggunaan PLTS Rooftop juga dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon. 

MoU ini, katanya, juga akan meningkatkan kolaborasi dan sinergi yang selama ini telah terjalin dengan baik antara bright PLN Batam dengan salah satu perusahaan terbesar di Batam yaitu PT McDermot Indonesia.

Ia menyebut bright PLN Batam memerlukan dukungan dari seluruh stakeholder untuk mencapai cita-cita bersama guna mempercepat peningkatan kapasitas pembangkit renewable energy di Indonesia khususnya di Kota Batam sehingga masyarakat bisa menikmati energi bersih dan andal hingga ke pelosok negeri.

Terkait biaya yang harus dikeluarkan calon konsumen, Nyoman menuturkan pelanggan cukup menyediakan lokasi dan tempat saja, sedangkan perangkat PLTS Rooftop seluruhnya disiapkan oleh Bright PLN Batam. Sehingga pelanggan tidak perlu melakukan pembelian atau investasi perangkat PLTS untuk dapat menikmati dan mengklaim penggunaan energi PLTS Rooftop.

Beliau juga mengharapkan green energy dapat cepat tercapai di Indonesia khususnya di Kota Batam.
Sementara itu Manager Government Affair PT McDermot Indonesia, Syahrial, mengatakan bahwa saat ini pemanfaatan EBT sudah menjadi tuntutan global untuk menurunkan emisi serta mendorong sector industri menuju industri hijau yang menggunakan energi terbarukan.

"Semoga perusahaan industri lainnya yang memiliki lokasi cukup besar dapat terinspirasi untuk mulai dipasangkan PLTS Atap menggunakan energi terbarukan untuk membantu kegiatan operasionalnya,” tutur Syafril.

PT McDermot Indonesia merupakan perusahaan kedua di Batam yang telah menjalin MoU pemasangan PLTS Rooftop dengan bright PLN Batam. Sebelumnya PT Karya Teknik Utama juga telah melakukan penandatangan MoU untuk pemasangan PLTS Rooftop yang berlokasi di Sungai Binti, Sagulung.

Komitmen nyata lainnya dari bright PLN Batam dalam mendukung renewable energy juga diwujudkan dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) atau perjanjian pengembangan bersama antara bright PLN Batam, PT Trisurya Mitra Bersama (Suryagen) dan perusahaan pengembang energi baru terbarukan Singapura, Sembcorp Industries (Sembcorp) untuk mengembangkan proyek penyimpanan energi dan tenaga surya terintegrasi skala besar di wilayah Batam, Bintan dan Karimun (BBK), Kepuluan Riau, Indonesia pada 25 Oktober 2021 lalu. (Red)


 

Post a Comment

Disqus