Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

SERGAI, Sumutrealita.com - Usaha untuk menghentikan laju pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih terus berlanjut. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di Kantor Dinas Kominfo, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Senin (31/08/2020), menginformasikan bahwa telah terjadi penambahan sebanyak 5 (lima) orang warga yang berdomisili di Kecamatan Perbaungan dan Sei Bamban dinyatakan positif virus asal Wuhan pasca menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

“ Dua orang korban pertama dilaporkan pada tanggal 28 Agustus lalu. Keduanya adalah insial HT (29) jenis kelamin perempuan, warga Sei Bamban dan TK (78) jenis kelamin laki-laki, warga Perbaungan. Keduanya dinyatakan positif pasca hasil PCR test yang dilakukan di RS Murni Teguh,” jelasnya.

Lebih lanjut Akmal mengatakan pada hari Minggu (30/8/2020) bertambah lagi sebanyak 3 orang.

“Ketiga korban ini adalah insial AS (Lk, 25), N (Pr, 46) dan RN (Lk, 41). Seluruhnya berdomisili di Kecamatan Perbaungan,” kata Akmal lagi.

Ia menyebutkan tidak hanya korban positif, pertambahan juga terjadi pada warga yang sembuh.

“Kita bersyukur salah satu warga yang sempat dirawat sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani tes PCR dan hasilnya negatif berturut-turut. Identitas warga yang pulih ini adalah R (Lk, 38). Yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Perbaungan dan penyintas Covid-19 dari kluster yang tercipta di salah satu perusahaaan swasta di Pantai Cermin,” ungkapnya.

Perkembangan kasus positif Covid-19 dan juga warga yang pulih ini, kata Akmal, membuat angka suspek Covid-19 di peta sebaran Kabupaten Sergai menjadi 132 kasus dengan rincian 66 orang telah dinyatakan sembuh, 62 warga yang positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan serta 4 orang positif Covid-19 meninggal dunia.

“Kita berdoa, berharap dan berusaha agar seluruh korban yang sedang menjalani perawatan dan isolasi segera menyusul kesembuhan warga lainnya. Gugus Tugas juga berusaha menjalankan fungsi dan tugasnya dalam menjamin kesehatan dan keselamatan warga serta pemulihan aspek ekonomi di Kabupaten Sergai,” harapnya.

Terhadap masyarakat Sergai, Akmal mengimbau agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Gunakan masker saat beraktivitas, rajin cuci tangan yang benar dengan sabun, terapkan physical distancing atau jaga jarak serta jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur,” tandasnya. (Bal) 


Post a Comment

Disqus