Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com 


Dalan upaya mendorong peran pemuda dalam membangun Desa, Pemerintah Desa Bahung Sibatubatu, Kecamatan Sei Dadap memberikan pelatihan kepada pemuda di Balai Desa Bahung Sibatubatu dengan tema “peran serta generasi milenial dalam Pilkada, siap menjadi sosok pemuda intelektual dan bebas narkoba menyongsong era globalisasi”, Selasa (31/12/2019).

Kepala Desa Bahung Sibatubatu, Hasan Basri Sinurat mengatakan jika pelatihan yang dilaksanakan saat ini menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap ll tahun 2019.
Pelatihan bertujuan untuk menciptakan para pemuda yang kreatif dalam mendukung berbagai program pembangunan dan kemajuan Desa.
Selain aparatur Desa, organisasi kepemudaan Desa merupakan salah satu elemen pendukung dalam memajukan sebuah Desa. Dengan pelatihan ini, diharapkan pemuda nantinya akan lebih kreatif dalam membuat kegiatan. Masih banyak persepsi ditengah masyarakat bahwa kegiatan kepemudaan hanya sebatas di bidang olahraga.

Saat ini pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Desa Bahung Sibatubatu, tempat berkumpulnya para pemuda telah di didik dan diberikan bekal pelatihan agar lebih kreatif untuk membuat terobosan ataupun inovasi melalui bentuk kegiatan. Sumber ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan para pemuda khususnya di Desa Bahung Sibatubatu meliputi bidang pertanian dan peternakan.

Pertanian dan peternakan merupakan salah satu  potensi yang dapat dikembangkan pemuda yang ada di Desa Bahung Sibatubatu untuk meningkatkan dan membangun ekonomi kreatif, khususnya pertanian dan beternak ikan.

Oleh karena itu di era kemajuan teknologi serba digital saat ini, mengakses informasi semakin mudah. Generasi muda bisa mengikuti berbagai perubahan zaman, termasuk perubahan pola pikir dan gaya hidup. Peran pemuda sangat perlu dalam proses pembangunan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin menyampaikan peran pemuda dan organisasi melalui program kegiatannya adalah merupakan bagian dari pengembangan masyarakat.
Peran pemuda sangat penting guna memahami istilah Desa dan pembangunan Desa. Terlebih dalam hal melihat interprestasinya dalam mempengaruhi jalan pemikiran para pemuda agar dapat berbuat demi  memajukan Desa.

Taufik berharap dengan adanya pelatihan kepada pemuda, diharapakan mereka yang tergabung dalam organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna, bisa menciptakan industri kreatif dengan melahirkan lapangan kerja.
Kita atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, sangat mendukung adanya kegiatan pelatihan kepada pemuda dengan harapan para pemuda dapat membuka lapangan kerja di Desa dengan menghasilkan sumber pendapatan Desa.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyerahkan bingkisan kepada 12 orang bilal mayit, 12 orang penggali kubur, 12 orang guru mengaji, 30 orang kader posyandu, 20 orang TP PKK Desa, kostum/peralatan tenis meja kepada 6 Dusun, kostum volly/perlengkapan untuk 6 Dusun, alat stanting kepada Bidan Desa Bahung Sibatubatu dan santunan kepada anak yatim 12 orang. (DS)

Post a Comment

Disqus