/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Ada 10 indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) yakni persalinan yang ditolong di faskes, bayi yang dikasi ASI eksklusif, rumah tangga yang menimbang bayinya, penggunaan air bersih, cuci tangan pakai sabun, penggunaan jamban, pemberantasan jentik nyamuk, makan buah dan sayur, aktivitas fisik, anggota rumah tangga tidak merokok. 

Hal tersebut dikatakan ketua tim penilaian lomba PHBS nasional tahun 2019, dr Laksmi pada saat mengunjungi Desa Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Rabu (10/4/2019).

Tim penilai lomba nasional tahun 2018 mengunjungi Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan, Rabu (10/04/2019).

Lanjut Laksmi mengatakan bahwa jika PHBS dilakukan dengan baik maka mampu mencegah stunting dan dapat meningkatkan derajat kesehatan keluarga.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga seluruh anggota mampu menolong diri sendiri serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat. 

Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar.

Sementara itu, Ketua TP PKK Asahan, Hj Winda Fitrika  dalam sambutanya mengatakan bahwa TP PKK Asahan telah menerapkan indikator-indikator yang telah di tetapkan pada PHBS dan telah diterapkan pada kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Kecamatan Buntu Pane. Dengan diterapkannya PHBS ini perubahan pola hidup pada keluarga menjadi lebih sehat.

Tim penilai lomba melakukan tanya jawab kepada para kader PHBS Desa Buntu Pane. Tim penilai lomba bersama Ketua TP PKK Asahan monitiring langsung kerumah-rumah penduduk.

Tampak hadir Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc, Sekda, OPD, Camat, Kepala Desa, Ketua TP PKK Asahan, Hj Winda Fitrika, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua FKS Asahan dan masyarakat. (DS)

Post a Comment

Disqus