/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Diskominfo Batam Sediakan Layanan Streaming STQ Untuk Memudahkan Masyarakat Mengikuti Perlombaan STQ


BATAM, Sumutrealita.com  – Pemko Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menyaksikan acara Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) VIII Batam. Kemudahan tersebut yakni dengan menyiapkan layanan streaming sehingga masyarakat dapat menyaksikan STQ tanpa harus ke Dataran Engkuputri Batam.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19. 

"Diskominfo Kota Batam menyediakan kanal live streaming Rangkaian acara perlombaan STQ VIII TIngkat Kota Batam melalui : website stq8.batam.go.id," ucap Kepala Dinas Kominfo Batam Azril Apriansyah, Rabu (17/3/2021).

Lanjut Azril, layanan streaming juga dapat diakses dengan mengklik link diskom.info/stq1 untuk lokasi lomba di Astaka Dataran Engkuputri. Kemudian melalui link diskom.info/stq2 lokasi Aula Pemko Batam sedangkan di lokasi Masjid Agung Batam dapat melalui link diskom.info/stq3.

m

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung secara virtual dapat mengklik langsung link tersebut," tambah dia.

Azril menerangkan, dalam STQ VIII ini dewan hakim dan panitera bahkan dapat memonitor penilaian hasil pertandingan secara langsung di link http://stq8.batam.go.id/hasil-pertandingan.html. Hal ini membuktikan bahwa penilaian dilakukan secara transparan. Kominfo Batam juga memfasilitasi video penutupan STQ di website http://stq8.batam.go.id.

Sebelumnya, Ketua Panitia STQ VIII Tingkat Kota Batam yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan STQ VIII dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta dan dewan hakim diwajibkan melampirkan hasil rapid test bebas Covid-19.

"Demikian pula halnya kepada para pengunjung berbagai cabang dibatasi dengan jarak, memakai masker dan cek suhu," kata dia.

Cabang lomba pada STQ kali ini terdiri dari enam cabang. Pertama, Cabang Tilawah Al-Qur'an meliputi golongan anak-anak putra dan putri, golongan dewasa putra dan putri.

Kedua, cabang Tahfidz Al-Qur'an meliputi; Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra dan Putri,  Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Golongan 10 Juz Putra dan Putri,  Golongan 20 Juz Putra dan Putri serta Golongan 30 Juz Putra dan Putri.

Ketiga, cabang Tafsir Al-Qur'an meliputi Golongan Bahasa Arab Putra dan Putri. Keempat, Cabang Musabaqah Hadist Nabi meliputi Golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad Putra dan Putri serta Golongan Hafalan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra dan Putri. Selain itu juga ada cabang qasidah rebana dan cabang stand bazar.

"Peserta STQ Tingkat Kota Batam tahun ini adalah peserta terbaik dari STQ tingkat kecamatan se-Kota Batam yang berjumlah 240 orang. Setiap kecamatan masing-masing 20 orang. Sementara dewan hakim dipilih berdasarkan keahlian dan pengalaman di bidangnya," pungkasnya.

(MCB)

Post a Comment

Disqus