Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan H Surya BSc meninjau langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Barat, Rabu (31/3/2021).

Dalam peninjauannya, Bupati Asahan di dampingi oleh Pj. Sekdakab Asahan, Drs John Hardi Nasution MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agus Jaka Putra Ginting SH.MH, Kadis PUPR, dan Kadis Kominfo.

Tujuan Bupati Aahan bersama para pejabat lainya ke TPA Sampah ini adalah untuk mengetahui secara langsung terkait pengelolaan Sampah yang berada di TPA dan sekaligus memastikan Penanganannya dilakukan secara baik dan benar.

Disela-sela peninjauan, Bupati Asahan menilai bahwa TPA yang berada di lokasi ini masih mampu menampung sampah dari Kota Kisaran dan sekitarnya hingga 2 hingga 3 tahun mendatang, namun perlu dikelola dengan baik sehingga lokasi TPA ini benar benar rapi dan sampah yang di angkut tidak berserakan.

“TPA ini perlu pengelolaan yang bagus,  tujuannya agar sampah-sampah yang dibuang benar-benar tidak menganggu masyarakat sekitar” kata Bupati Asahan.

Untuk itu, Bupati Asahan mengintruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kepala Dinas PUPR untuk segera mengerahkan alat berat untuk merapikan tumpukan sampah yang berserakan.

"kepada para petugas yang memungut  dan sampah ke TPA ini agar benar benar memperhatikan sisi lingkungan dan jangan asal buang," harap Bupati Asahan.

Lebih lanjut Bupati Asahan mengatakan sesuai laporan Kepala Dinas LH bahwa luasan lokasi TPA saat ini kurang lebih 2 Ha, kedepan kita akan mengajukan penambahan luas lokasi TPA ke pihak PT BSP sebanyak 8 Ha jadi nantinya luas TPA Sei Renggas ini menjadi 10 Ha dengan harapan dilokasi ini nantinya akan dibangun mesin pengolah sampah terpadu agar sampah yang terkumpul dapat dikelola dengan baik serta memberikan manfaat.

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah di lokasi TPA Sei Renggas Bupati juga meminta kepada Kadis LH untuk mengajukan Anggaran Pengadaan alat berat jenis beco pada P.APBD tahun 2021 serta  segera melakukan Konsultasi ke Kabupaten/Kota yang pengelolaan sampahnya sudah berjalan baik agar nantinya dapat diterapkan juga di Kabupaten Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus