/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

Pemko Tebingtinggi dan Para Pihak Pengelola Pelabuhan Kuala Tanjung Sepakat maksimalkan Peluang Ekonomi

TEBING TINGGI, Sumutrealita.com - Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM., didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar S.I.P., M.Si menghadiri pertemuan dengan tim bisnis PT. Prima Multi Terminal selaku pengelola Pelabuhan di Kuala Tanjung, Selasa (30/3/2021) di Ruang Aula Gedung Balai Kota.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung Yudi D. Nauly, Kepala Daop 1 Sumut Kereta Api Indonesia (KAI) Daniel Johanes Hutabarat, Ketua Asosisasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tebing Tinggi Syafriudy Satriyo serta pengusaha se-Kota Tebing Tinggi dan tamu undangan.

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari PT. Pelindo 1 dengan anak perusahaan PT. Prima Multi Terminal atau Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) dan PT. Prima Logistik Indonesia bersama dengan Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung yang datang ke Tebing Tinggi dan memberi informasi tentang fasilitas dari pelabuhan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang ada di Kuala Tanjung.

Bagi kita, katanya, pengusaha di Kota Tebing Tinggi ini harus kita lakukan secara bersama, lokasi sangat dekat dengan Kota Tebing Tinggi tentunya kita harus memanfaatkan ini dan kita berharap bahwa penyediaan fasilitas itu bisa menjadi bagian unggulan dari pada Kuala Tanjung dan tentunya bisa menggaet dari pada pengusaha - pengusaha kita untuk mengeskport atau mengimport lewat Pelabuhan Kuala Tanjung ini, meminta pengusaha harus kita lakukan secara bersama.

"Karena dekat, pasti yakin kita lebih murah, lebih mudah, lebih cepat, inilah menjadi bagian yang kita koordinasikan dan kita sinergitaskan PT. Prima Multi Terminal," kata Walikota. 

"Harapan, kita akan memback up dan menindaklanjuti dengan adanya MOU antara asosiasi pengusaha kita di Tebing Tinggi dan sudah kita dengarkan ada semacam testimoni, ada benefit yang cukup luar biasa dibanding dengan harus melalui Pelabuhan Belawan. Ini perlu kita gelorakan menjadi suatu koordinasi yang mantap agar perusahaan kita yang ada di Tebing Tinggi, jauh bisa eksis dan lebih berkembang lagi" tutup Walikota.

Dalam pemaparan dan penjelasan yang disampaikan Direktur Utama PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto mengungkapkan tipikal pelabuhan Kuala Tanjung sangat berbeda dengan yang ada di Pelabuhan Belawan.

"Pelabuhan Kuala Tanjung bisa melakukan kegiatan dengan kapal - kapal besar. Ketika kapal - kapal besar bisa sandar, secara ongkos bisa lebih murah. Jadi kedepan, bahwa Pelabuhan Kuala Tanjung Terminal Multipurpose di desain untuk pelabuhan yang masa depan, jadi ke depan itu barang - barang yang akan diangkut pelabuhan Kuala Tanjung bisa lebih banyak, sehingga akan mengurangi biaya logistik,” katanya.

Dijelaskan bahwa kemudahan diberikan PT. Prima Multi Terminal dibanding pelabuhan sekitar, dengan menggunakan sistem semi otomatis, dalam artian tidak banyak orang berinteraksi dan secara sistem mengurangi interaksi orang, bisa semakin cepat memutus mata rantai koordinasi. 

"Kemudahan ini yang kami berikan. Harapan kami bisa tertarik para pemilik barang untuk melakukan kegiatan di Pelabuhan Kuala Tanjung," kata Direktur Utama PT. Prima Multi Terminal.

Dukungan dan harapan juga disampaikan Kepala Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung Yudi D. Nauly.

"Saya ingin mengapresiasi Pemerintah Kota Tebing Tinggi, ini merupakan kegiatan luar biasa sekali, memang perhatian Pemerintah Kota Tebing Tinggi terhadap pengusaha luar biasa sekali,” katanya.

"Kami komitmen mendukung para pengusaha karena mereka adalah penggerak ekonomi yang sejati, kami cuma fasilitator. Oleh karena itu, untuk prosedur ekspor import kami siap mendampingi sampai mereka bisa eksport import secara mandiri, sehingga mereka bisa belajar dari awal, dari nol sampai mereka bisa eksport import sendiri"tambah Kepala Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung.

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama Walikota Tebing Tinggi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dengan Kepala Bea Cukai Pelabuhan Kuala Tanjung, Kepala Daop 1 Sumut Kereta Api Indonesia (KAI), Ketua Asosisasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tebing Tinggi, Dirut PT. Prima Multi Terminal dan para pengusaha se-kota Tebing Tinggi. (Red)


Post a Comment

Disqus